Aksi Guru Menghapus Makeup Muridnya, Salahkah?

Aksi Guru Menghapus Makeup Muridnya, Salahkah?
Hapus makeup

Seorang guru di Tiongkok ramai menjadi perbincangan, karena tindakannya saat menghukum murid yang menggunakan makeup ke sekolah.

Seorang guru sekolah di Tiongkok baru saja memicu kontroversi, usai videonya viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat seorang guru laki-laki sedang menghapus makeup para muridnya menggunakan kain basah sebelum masuk ke sekolah.

Menurut juru bicara sekolah yang terletak di Provinsi Guizhou tersebut, para murid terlihat menggunakan riasan wajah yang terlalu tebal, dan sekolah memutuskan untuk melarang tindakan itu.

Video viral guru di Tiongkok
Video viral guru di Tiongkok

Ia juga menambahkan bahwa sebagian besar murid di sana memiliki orang tua yang sibuk bekerja di kota besar, sehingga guru memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengawasi mereka dan memberikan mereka bimbingan yang tepat selama di sekolah.

Dilansir dari Beijing News, insiden viral tersebut terjadi ketika para siswa baru saja kembali dari liburan mereka.

Rekaman itu menunjukkan sekelompok anak perempuan yang berbaris di luar sekolah di depan salah satu guru, yang menyapukan kain basah ke wajah para murid agar riasan wajahnya bisa terhapus.

Kabarnya, video pendek tersebut diambil oleh guru yang menjadi saksi mata, dan kemudian menjadi viral di Weibo, media sosial warga Tiongkok. Usai tersebarnya video tersebut, publik pun ramai berdebat mengenai benar-salahnya tindakan sang guru.

Baca juga: Seorang Influencer Mendapatkan Pelecehan Seksual Ketika Menjual Pakaian Prelove-nya

Sebuah polling di platform media sosial menunjukkan 64% orang setuju dengan ketentuan sekolah untuk menghapus makeup para muridnya.

"Jika mereka adalah anakku, aku tidak akan membiarkannya menggunakan kosmetik di SMP dan SMA nanti," ucap salah satu netizen.

Netizen lain pun ikut menambahkan, "Riasan wajah seharusnya dilarang di lingkungan sekolah terutama siswa SMA ke bawah."