Apakah Mengonsumsi Telur Setiap Hari Sehat?

Apakah Mengonsumsi Telur Setiap Hari Sehat?
iSTOCK

Menurut sebuah studi baru, mengonsumsi telur setiap hari bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

WOOP.ID -  Sepertinya beberapa tahun belakangan ini, telur terus berusaha keras memperbaiki reputasinya sebagai makanan bergizi.

Jika dibandingkan dengan periode 90an, citranya memang cukup "tercoreng"—terutama si bagian tengahnya yang berwarna kuning itu. 

Apakah Telur Makanan yang Sehat?

Kuning Telur
Kuning Telur

Jadi, apakah telur makanan yang sehat atau... ? Sehat, sepertinya. Menurut sebuah studi baru, mengonsumsi telur setiap hari bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Pastinya ini kabar baik karena penyakti tersebut merupakan salah satu penyebab utama kematian dan disabilitas di seluruh dunia.

Baca: Ini 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Tubuh

Kesimpulan ini ditarik setelah meneliti data dari setengah juta orang dewasa dari 10 area yang berbeda di Cina.

Selama delapan tahun tim peneliti dari Inggris dan Cina ini terus memperhatikan semua partisipan dan mencatat konsumsi telur dan kondisi kesehatan mereka.

Selama waktu tersebut, lebih dari 83 ribu peserta didiagnosa menderita penyakit kardiovaskular–dan hampir 10 ribu orang meninggal. 

Salah satu penemuan penting dari studi ini adalah orang-orang yang mengonsumsi telur setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil (26%) mengalami serangan otak (yang merupakan salah satu penyebab utama kematian). 

Baca: Wajib Tahu! Ini Fakta Masker Putih Telur untuk Wajah