Jangan Sampai Salah Kirim! Ini Arti Emoticon yang Sebenarnya

Jangan Sampai Salah Kirim! Ini Arti Emoticon yang Sebenarnya
Arti Emoticon Sebenarnya

Ternyata emoticon dan emoji itu berbeda lho! Supaya ngga salah kaprah lagi, yuk simak penjelasan berikut ini!

Emoticon dan emoji adalah sesuatu yang berbeda dalam mengekspresikan perasaan kita di dalam text messaging melalui aplikasi pesan maupun SMS. Sering kaling orang-orang salah kaprah dengan menganggap keduanya merupakan hal yang sama.

Dikutip dari urbandictionary.com, sebuah emoticon yang biasanya disebut “smiley” merupakan urutan karakter yang dapat dicetak seperti :) atau ^ _ ^, yang dimaksudkan untuk mewakili ekspresi wajah manusia dan menyampaikan emosi yang digunakan pada forum internet dan pesan instant-messaging. Agar tidak salah kaprah lagi, simak penjelasan dari Woop berikut ini tentang arti emoticon sebenarnya yaa, Woop Ladies!

Arti Emoticon Sebenarnya

Emoticon merupakan kepanjangan dari “emot” dan “icon” yang digabung menjadi emoticon. Arti dari emoticon yaitu tulisan tipografi yang mempresentasikan ekspresi wajah dalam kegiatan mengirim pesan. Ekspresi wajah tersebut seperti mulai dari tersenyum, sedih, menangis, tertawa, marah, kecewa, bahagia dan sebagainya. Pengguna biasanya menggunakan kombinasi dari tanda baca.

Dikutip dari The Guardian, emoticon ditemukan beberapa kali dalam sejarah manusia, namun titik pentingnya terjadi pada era awal mula internet muncul yaitu pada September 1982. Saat itu, Scott Fahlman seorang ilmuwan komputer bernama mengirim pesan ke Carnegie Mellon University berisi pendapat jika :-) dan :-( bisa digunakan untuk membedakan pernyataan candaan dan serius di dunia maya. Setelah itu, keluarlah frase "ikon emoticon" untuk tanda tersebut.

Berbeda halnya dengan asal muasal dari emoji yang diciptakan oleh NTT DoCoMo sebuah perusahaan telekomunikasi asal Jepang pada akhir 1990-an. Nama itu dipakai berdasarkan gabungan kata 'e' dan 'moji', jika diterjemahkan mempunyai arti piktograf.

Perbedaan dari emoticon adalah emoji berbentuk gambar, yang mewakili berbagai hal, seperti ekspresi wajah, manusia, hewan, bangunan, makanan, buah-buahan, kendaraan, bendera, logo-logo dan sebagainya. Yang diciptakan dari barisan karakter yang dipakai kebanyakan sistem operasi saat ini dari Unicode.

Berikut adalah contoh-contoh yang dilansir juga dari urbandictionary.com:

Contoh - Contoh Emoticons

:-) = Smile :-( = Frown ;) = Wink

Baca juga: Text Like Its 2017 with New Emojis from iOS!

:-D = Launghing :P or :Þ = Tongue sticking out: joke, sarcasm or disgusting 8) = Has sunglasses: looking cool :O = Surprised :S = Confused :'( = Shedding a tear XD = Launghing Out Loud (LOL), eyes shut  XP = Tongue out, eyes shut ^_^ = Smiley ^.^ = See above, but rather than a wide, closed mouth, a small mouth is present ^_~ = Wink >_< = Angry, frustrated =_=  = Bored -_- = Annoyed -_-' or ^_^' or ^_^ = Nervousness, sweatdrop or embarrassed ¬_¬ or <_<  = "yeah, right...", looking around suspiciously ;_; = Crying o_O = Confused O_O = Shocked O_< = Flinch, wink, twiching ._. = Intimidated, sad, ashamed $_$ = Money Eyes; Thinking about Money x_x = Dead or Knocked Out 9_9 = Eye Rolling *_* = Star-Struck t(-_-t) or ,|,,(-_-),,|, = Flipping off =^_^=  = blushing, or a cat face u.u = Duh, sarcastic "what do you think?" face \m/>_<\m/ = Rockin' out

dan masih banyak lagi.

Sekarang, kamu jadi sudah tahu kan arti emoticon sebenarnya itu seperti apa. Pasti jadi throwback waktu masih menggunakan handphonenon-smartphone dulu ya, Woop Ladies?

Selanjutnya: