Bagaimana Memilih Perangkat Tempat Tidur yang Baik?

Bagaimana Memilih Perangkat Tempat Tidur yang Baik?
ISTOCK

Memilih kasur, sprei, bantal, alat tidur lain yang tepat penting untuk kesehatan, kepuasaan tidur dan mata.

Mungkin tampak remeh, tapi memilih perangkat tempat tidur tepat ternyata sangat penting. Ada banyak elemen yang harus dipertimbangkan, mulai dari kenyamanan, bentuk, ukuran, bahkan keamanan. WOOP menjabarkannya secara menyeluruh di sini.

KASUR / MATTRESS

Semua merek kasur memiliki kelebihannya masing-masing dan terkadang sulit membandingkan satu sama lain terlebih dalam hal  bahan, lapisan dan fitur kasur lainnya. Ketika belanja untuk kasur baru, kamu pun harus memikirkan budget, alergi atau kondisi kesehatan lain seperti nyeri atau linu, serta kebiasaan posisi tidur.

Kasur umumnya dirancang untuk bertahan 5-7 tahun, kadang-kadang lebih lama. Akan tetapi jika saat bangun merasa lelah, perlu beberapa menit untuk merasa nyaman, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu yang harus ditangani, kamu sebaiknya mulai mencari kasur baru. Ketika menemukan kasur yang tepat, tanyakan penjual seberapa sering kasur harus dirawat dan kapan saat yang tepat untuk membalik kasur.

Kebanyakan jenis kasur umum terdiri dari innerspring bed atau yang biasa dikenal dengan sebutan spring bed dan foam bed. Spring bed mengandalkan logam semi kumparan untuk menciptakan ketahanan fleksibel untuk tubuh. Semakin banyak kumparan, semakin baik kenyamanan yang diciptakan. Sementara foam bed menggunakan berbagai lapisan lateks atau busa non-lateks. Beberapa manufaktur menawarkan busa yang membantu menjaga suhu tubuh di malam hari atau mencegah naiknya tingkat kelembaban.

Jenis kasur lainnya adalah water bed, gel, adjustable bed, hybrid, dan air-filled bed. Semua kasur ini memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda satu sama lain, dan banyaknya variasi dari setiap jenis  bisa membuatmu cukup kewalahan dalam memilih. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mencoba semua yang kamu sukai, dan pastikan untuk bertanya tentang kebijakan pengembalian dan penukaran. Pastikan untuk membeli mattress pad berkualitas tinggi untuk membantu kasur tahan lebih lama.

SPREI

Kamu akan mudah sekali dibuat kewalahan oleh banyaknya warna, pola, corak dan jenis sprei yang beredar di pasaran. Bahkan jika kamu tahu jenis apa yang kamu inginkan, you’ll want to think about this to ensure it fits.

  • Seberapa tebal kasur yang kamu punya? Beberapa kasur lebih tebal (atau lebih tipis) dari standar. Pastikan kamu mengukur seberapa tebal kasur yang ada.
  • Sprei polos, atau bercorak? Jika menyukai sprei polos untuk kemudian ditutup lagi oleh selimut atau bedcover favoritmu, cobalah mencari sprei dan sarung bantal yang dijual terpisah, tidak satu set. Jika memilih satu set sprei corak, pastikan bedcover-mu matching dengan corak sprei, supaya tidak membuat mata sakit.
  • Berapa banyak set sprei yang harus dimiliki? Ini sepenuhnya terserah padamu. Beberapa orang senang mengubah tampilan kamar tidur mereka dan mungkin ingin memiliki koleksi sprei dengan warna, pola dan gaya yang berbeda. Minimal, kamu memiliki 2 set sprei, untuk dipakai dan satu untuk pengganti. Untuk cara penyimpanannya: masukkan kain sprei yang sudah dilipat ke dalam salah satu sarung bantal, supaya lebih praktis dan tidak tercecer.

BEDCOVER: QUILT COVER VS COMFORTER

Bedcover terdiri 2 jenis. Yang pertama adalah quilt cover, yang memiliki penutup luar dan bagian isian dalam yang kadang-kadang terbuat dari bulu angsa. Jenis kedua adalah comforter: hanya terdiri dari satu bagian dengan penutup yang tidak terpisah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi cenderung memiliki tampilan akhir yang berbeda ketika dipasang.

HALAMAN
12