Begitu Banyak Manfaat Matcha bagi Tubuh

Begitu Banyak Manfaat Matcha bagi Tubuh
ISTOCK

Untuk kecantikan dan kesehatan. 

Apapun minuman dan makanannya, belum lengkap tanpa yang satu ini. Matcha sangat popular beberapa tahun belakangan dan cukup adil jika dikatakan bahwa banyak orang menjadikan rasa ini sebagai favorit mereka. Bubuk hijau ini dinikmati sebagai bagian dari sarapan, makan siang, sampai makan malam.

daihatsu banner

Matcha sudah menjadi bagian dari tradisi Jepang dan Cina selama lebih dari 4000 tahun. Selain fakta sejarah tersebut, matcha ternyata memang memiliki efek baik untuk kecantikan dan kesehatan. Akan tetapi, hanya karena sebuah makanan mengandung matcha di dalamnya, bukan berarti langsung bisa dijamin sehat; perhatikan juga bahan-bahan lainnya. Misalnya, jika kamu memilih matcha latte, pastikan untuk tidak menambahkan gula lagi ke dalamnya.

  • Relaks dan tetap siaga.

Matcha kaya L-theanine, sebuah asam amino langka yang membuat dirimu lebih relaks dan sehat, terutama dari segi fungsi otak.

Kondisi stress bisa menghasilkan gelombang beta (yang memicu kondisi senang atau gelisah), dan L-theanine menciptakan gelombang alpha (memiliki efek menenangkan). Meski L-theanine memang biasanya terdapat di semua teh, matcha mengandung lima kali lebih banyak dibandingkan teh hitam atau hijau.

  • Mempertajam memori.

Selain fakta di atas, L-theanine di dalam matcha juga berkhasiat meningkatkan ingatan. Ditambah, membantu kita belajar dan tampil lebih baik tanpa efek samping negatif dari kafein.

  • Mempercerah kulit.

Bubuk matcha memiliki 137 kali lebih antioksidan, atau EGCG, dibandingkan teh hijau biasa. Antioksidan ini membantu melindungi kulitmu dari radiasi ultraviolet dan membersihkan radikal bebas berbahaya yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu, juga memperlancar aliran darah, sehingga pipi terlihat segar dan bersinar alami.

  • Melancarkan metabolisme dan membakar lemak.

Intinya, komponen kimia yang terdapat di dalam matcha ibarat sebuah gym di dalam tubuh. Mengonsumsi matcha bisa membantu membakar kalori dan beberapa penilitian juga memperlihatkan matcha dapat membakar lemak sampai 25%. Saat dikombinasikan dengan diet yang benar dan olahraga, matcha benar-benar akan membuatmu gaya hidup sehatmu lebih maksimal.

  • Menjaga kekebalan tubuh. 

ECGC memiliki kemampuan untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, matcha bisa meredakan inflamasi yang terjadi saat kamu terkena alergi atau infeksi sinus.

  • Bisa meredakan gejala depresi dan gelisah.

Selain membantu fokus, relaks, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperlancar aliran darah, matcha juga dapat meringankan depresi dan kegelisahan. Poliphenol yang ditemukan di dalamnya bisa menyembuhkan dari dalam dan luar, sehingga membantumu lebih bahagia. Poliphenol adalah antioksidan dan mikro nutrisi dalam tumbuhan yang banyak ditemukan pada makanan yang biasanya memberikan efek senang (seperti wine dan coklat).

  • Bisa memperlambat proses penuaan.

Okinawa di Jepang dijuluki oleh para ilmuwan dan nutrisionis sebagai Zona Biru karena penduduknya hidup lebih lama. Salah satu faktornya adalah matcha. Dan Buettner, penulis The Blue Zones Solution, memperkirakan umur panjang tersebut adalah efek dari mengonsumi matcha secara rutin.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com