Berapa Gelas Kopi yang Aman Bagi Tubuh dan Tidak Menyebabkan Kematian?

Berapa Gelas Kopi yang Aman Bagi Tubuh dan Tidak Menyebabkan Kematian?
WOOP.ID

Bukan usaha untuk mendramatisir, tapi ini menurut sains. 

Mau bertanya: pernahkah penasaran tentang berapa banyak minum kopi bisa membuatmu, hmm… mati? Terdengar “Ih, nggak penting banget pertanyaannya,” tapi sejujurnya pasti pernah terbersit di benak terlebih saat menatap cairan hitam gelas keenam hari itu. Lantas berusaha melakukan pembelaan terhadap kopi dengan berargumen bahwa secangkir kopi berkualitas memiliki banyak manfaat seperti mengandungantioksidan, dan bagus untuk metabolisme. Namun, memang tidak bisa dipungkiri kandungan kafein tinggi di dalamnya membuatnya berperan sebagai asam dan membuat kita terkadang terlalu bersemangat. Lalu, kembali ke pertanyaan awal: kopi dan kematian, seberapa mungkin? Jika semua tergantung WOOP, rasanya ingin menunda menjawab pertanyaan ini dan membuat para kopi adiktif deg-degan dan cemas, tapi sayangnya ini bukanlah jaman batu; keberadaan internet akan membuatmu mencari tahu kebenarannya dalam hitungan detik! Jadi, ini berita bagusnya: sepertinya kemungkinannya sangat kecil kopi bisa berujung pada kematian.

Robert Glatter, MD, seorang dokter di Lenox Hill Hospital di New York mengatakan bahwa kita perlu menenggak 50 sampai 100 gelas kopi berturut-turut untuk membuat cairan tersebut mematikan.

Akan tetapi, mengkonsumi lebih dari 500 mg kafein tiap hari (ada sekitar 95 mg dalam satu gelas) bisa menyebabkan keracunan kafein, dengan gejala-gejala seperti diare, menggigil, tidak tenang, detak jantung terlalu cepat, dan meski jumlahnya berbeda dari satu orang ke orang lain—bagi yang sensitif terhadap kafein, satu gelas bisa langsung menghasilkan gejala tersebut.

Jadi berapa banyak kopi yang aman dikonsumsi? Untuk kebanyakan orang dengan tingkat toleransi kafein normal, Glatter mengatakan empat gelas akan membuatmu aman. Leganya, karena masih ada jatah tiga gelas lagi sampai hari ini berakhir. 

Loading Facebook Comment ...