Bertahan Hidup di Banjir dengan Tas Siaga Bencana, Apa Saja Isinya?

Bertahan Hidup dengan Tas Siaga Bencana, Apa Saja Isinya?
Tas Siaga Bencana

Sebelum mengalami bencana, ada baiknya kita tetap waspada dan menyiapkan keperluan di dalam tas siaga bencana. Apa saja isinya?

Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, membuat banyak wilayah yang sebelumnya tak pernah tergenang, ikut menjadi korban terdampak banjir.

Meski kerap terjadi di setiap musim penghujan, tak ada yang bisa memprediksi kapan tibanya banjir. Untuk lebih mempersiapkan diri dan tetap siaga menghadapi bencana alam, ada baiknya kita mengemas barang-barang penting di satu tempat.

Melansir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kita harus menyiapkan Tas Siaga Bencana (TSB) untuk menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Tas siaga bencana adalah tas yang disiapkan anggota keluarga, untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana atau keadaan darurat. Tas ini dipersiapkan untuk bertahan hidup selama bantuan belum datang, sekaligus memudahkan saat proses evakuasi.

Barang yang dibawa dalam tas siaga bencana

1. Dokumen berharga

Dokumen boarding pass
Dokumen berharga

Siapkan kartu keluarga, ijazah, surat tanah, akta kelahiran, serta dokumen penting lain yang akan diperlukan setelah bencana.

2. Makanan untuk tiga hari

Minuman Bersoda
Makanan kalengan

Simpan makanan dan minuman untuk mengisi perut minimal selama tiga hari. Usahakan bawa makanan awet berprotein tinggi yang mudah disajikan, dan air kemasan sebanyak 3 hingga 5 botol untuk satu orang.

3. Alat komunikasi

Aplikasi Iphone
Alat komunikasi

Penting untuk mencari informasi di saat-saat genting, maka dari itu jangan lupa masukan alat komunikasi ke dalam tas siaga bencana. Bawa ponsel dan juga pengisi daya, siapkan juga power bank berdaya penuh sebagai alternatif jika tak ada listrik.

Kamu juga bisa membawa radio portabel bertenaga baterai, yang digunakan jika sulit mendapatkan sinyal. Tak ketinggalan, bekali peluit pada masing-masing orang, untuk meminta pertolongan jarak jauh dalam keadaan mendesak.

4. Perlengkapan kebersihan

Cara Mengeringkan Sepatu dalam Semalam - Handuk
Handuk

Meski di tengah bencana kita juga tetap harus menjaga kebersihan. Jangan lupa bawa peralatan mandi berupa handuk kecil, sikat gigi, dan odol. Tak lupa siapkan juga tissue, pembalut, cotton bud, serta masker anti debu.

5. Kotak obat-obatan

5 Penyebab Nafsu Makan yang Tinggi - Pengaruh obat
Obat-obatan

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, siapkan obat-obatan ke dalam tas siaga bencana. Atau kamu bisa memasukkan kotak P3K dan obat-obatan tanpa resep, sebagai cadangan obat di kala bencana.

6. Pakaian ganti

Menggulung pakaian
Pakaian ganti

Untuk berjaga-jaga, siapkan keperluan sandang selama tiga hari. Pakaian yang perlu dibawa adalah baju berbahan katun, pakaian dalam, selimut, handuk, sarung tangan, jas hujan, serta topi.

7. Uang

Menyimpan uang tunai
Menyimpan uang tunai

Terakhir dan yang paling penting, siapkan uang tunai secukupnya untuk perbekalan selama kurang lebih tiga hari.

Nah itu tadi beberapa keperluan yang perlu dimasukkan dalam tas siaga bencana. Usahakan ransel yang digunakan berwarna terang seperti oranye atau merah, dan terbuat dari plastik agar mudah dibawa.

Jangan anggap sepele ya woop ladies, menyiapkan tas siaga bencana ini penting, lho! Terlebih bagi kamu yang tinggal di wilayah rawan bencana. Yuk mulai berkemas dari sekarang.

Selanjutnya: Jangan panik dan tetap tenang saat banjir merendam rumahmu. Simak baik-baik, apa saja yang harus dilakukan saat banjir melanda.

Loading Facebook Comment ...