Buat Weekend Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini

Buat Weekend Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini
SHUTTERSTOCK
Buat Weekend Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini

Sudah hari Jumat, mari kita sambut akhir pekan dengan ceria dan tetap produktif. Berikut lima tips yang bisa kamu terapkan dalam hidupmu. 

Apa rencanamu di akhir pekan ini? Tidur seharian di rumah? Marathon drama Korea? Atau malah sudah berencana berkencan dengan pasangan? Apa pun rencanamu Woop hanya ingin bilang: Selamat berakhir pekan! 

Akhir pekan memang saat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan jiwa dan raga dari aktivitas kerja. Biasanya akhir pekan hanya diisi oleh kegiatan ‘bermalas-malasan’ saja, namun sebenarnya kita bisa tetap produktif dalam menjalankan hari libur dengan berbagai cara. Sehingga akhir pekan yang ekstra produktif pun bisa menjadi milikmu. 

Tetap Bangun Pagi

img

Yep, bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu terbaik untuk bangun siang. Meskipun tidak ada larangan yang berlaku tentang hal itu tapi perlu kamu tahu bahwa orang-orang sukses bangun tidur di waktu yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Hal ini akan berdampak baik untukmu karena jika kamu terus membiasakan diri untuk bangun di jam yang sama, kamu tidak akan kesulitan mempertahankan jadwal dan kebiasaan bangun pagi di hari kerja. Namun dii sisi lain, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa jam ekstra di pagi hari untuk me time atau waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman. Work-life balance achieved!

Membereskan Pekerjaan Mudah 

img

Tidak bermaksud untuk menyarankanmu bekerja di akhir pekan tapi membereskan pekerjaan-pekerjaan kecil dan mudah bisa membantumu memiliki waktu ‘santai’ di hari kerja. Bereskan pekerjaan ‘kecil’ selagi kamu memiliki waktu luang di akhir pekan. Lakukanlah sambil bersantai. 

Sisihkan Waktu untuk Olahraga 

img

Olahraga itu penting dilakukan! Selain meringankan beban pikiran dan memberi suntikan energi ekstra dalam jangka panjang, olahraga juga dapat memelihara daya ingat, mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer, dan meningkatkan kepercayaan diri. Bonusnya: Menjadwalkan waktu untuk olahraga dan aktivitas fisik yang kamu senangi dapat menjadi insentif bagimu untuk lebih bersemangat melalui hari-hari kerja dan mengalihkan pikiran dari keletihan menjalani rutinitas kerja. 

Lakukan Hal yang Membuatmu Bahagia

img

Apa hobimu? Akhir pekan yang produktif bisa kamu lakukan dengan hal-hal favoritmu. Misalnya bermain alat musik, menulis cerita, travelling, atau bikin kue. Melakukan apa yang kamu sukai dapat membantu mengurangi stres, menstimulasi kreativitas, dan bahkan memberi ide dan sudut pandang segar untuk pekerjaan kamu sehari-hari. Apa pun hobi kamu, gunakan akhir pekan untuk melakukan aktivitas yang kamu gemari. You never know what benefit you might reap.

Intropeksi Diri

img

Seorang Bill Gates pernah berkata, “It’s fine to celebrate success but it is more important to heed the lessons of failure.” Kamu tentunya boleh merayakan keberhasilanmu, namun lebih penting lagi untuk belajar dari kegagalan. Di tengah-tengah waktumu menikmati akhir pekan, sisihkan waktu untuk mengingat kembali pelajaran apa yang kamu dapatkan dari minggu sebelumnya, kemudian rencanakan hal-hal yang bisa kamu perbaiki dan kembangkan untuk seminggu ke depan. Jika kamu rutin melakukan refleksi diri, kamu akan lebih peka terhadap kelemahanmu dan lebih reseptif terhadap proses perbaikan diri.

Selanjutnya: Untuk kamu yang sedang merintis karier, jangan pernah melakukan enam kebiasaan sepele ini. Percayalah, karena kariermu akan berhenti dan jalan di tempat saja.