Bukannya Memperindah, 6 Tanaman Ini Dapat Merusak Pemandangan Rumahmu

Bukannya Memperindah, 6 Tanaman Ini Dapat Merusak Pemandangan Rumahmu
ISTOCK

Cantik-cantik merusak.

Meletakkan tanaman di rumah adalah salah satu tren terbesar dekor tahun ini. Segar dan indah memang, tapi tahukah kamu ada tanaman yang malah berisiko menodai tatanan rumahmu? Apa sajakah tanaman itu? Ini mereka:

1. Rose of Sharon

Nama lainnya hisbicus syriacus dan banyak tumbuh di Asia (menjadi bunga nasional Korea Selatan). Rose of Sharon ini bisa tumbuh dengan kondisi tanah yang buruk dan air yang minim, serta bunga ini cenderung bertunas dengan cepat. Meskipun begitu, bunga yang memiliki beberapa warna (putih, merah jambu, merah, dan ungu) ini dapat merusak keindahan rumah. Penyebabnya? Pada bagian tengah bunga ini terdapat biji yang jika terkena angin akan mengotori halaman rumahmu.

2. Ivy

English Ivy atau hedera helix merupakan tanaman yang bisa tumbuh merambat dan agresif, bisa menjalar ke segala arah. Biasanya, tanaman ini digunakan sebagai tanaman penutup tembok atau dinding rumah. Terlihat cantik dan artistik, tapi ternyata bisa merusak arsitektur dinding rumahmu. Ivy juga dapat menyebabkan kerusakan pada hampir semua jenis pelapis, termasuk kayu, plesteran dan semen. Oh, tidak!

3. Forget Me Nots

Seandainya kamu belum tahu, dahulu kala bunga ini dianggap sebagai lambang kesetiaan. Saat mekar, bunganya super duper cantik. Namun, selesai mekar, Forget Me Not ini akan berubah menjadi hitam dan meninggalkan bentuk yang tidak indah pada tanaman lainnya. Membersihkan bunga ini secara rutin adalah cara terbaik agar tidak merusak keindahan halaman rumahmu.

4. Pachysandra

Berbeda dengan Ivy, Pachysandra adalah tanaman liar yang biasanya ditemui di pinggir-pinggir sungai. Jika dilihat dari jauh memang terlihat indah, tapi apabila pachysandra ada di halaman rumahmu, tanaman ini dapat merusak tanaman yang ada di sekitarnya dan dapat mendatangkan hama dan penyakit bagi tanaman lainnya.

5. Yellow Hibiscus