Menurut Penelitian Cahaya Biru Ponsel Bisa Memperpendek Usia

Menurut Penelitian Cahaya Biru Ponsel Bisa Memperpendek Usia
Menatap ponsel di malam hari

Sering begadang sambil menatap layar ponsel? Hati-hati ya ladies, hal tersebut ternyata bisa memperpendek umur dan mempercepat penuaan, lho!

Siapa saja di antara kalian yang pernah menggunakan filter berwarna biru untuk ponsel? Buat kamu yang belum tahu dengan fitur satu ini, ini dia sedikit penjelasannya sebelum kita masuk ke pembahasan utama.

Filter ini biasanya digunakan untuk menyaring cahaya biru dari perangkatmu, yang mana bisa menganggu ritme sirkadin tubuh dan memengaruhi kemampuan tidurmu. Jadi ketika fitur ini dinyalakan, kamu bisa tidur lebih baik usai bermain ponsel.

Bahaya cahaya ponsel
Bahaya cahaya ponsel

Namun sayangnya, media asal Tiongkok, China Press melaporkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa cahaya LED biru bisa mempercepat penuaan dan merusak sel-sel otak.

Lewat penelitian yang diadakan oleh Oregon State University, ditemukan bahwa lalat buah yang telah terpapar LED berwarna biru mengalami pembusukan dalam otak mereka. Peneliti utama dalam makalah tersebut, Professor Jaga Giebultowicz, bahkan mengatakan bahwa cahaya itu juga ikut memotong rentang hidup lalat buah dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca juga: Cara Penanggulangan yang Tepat Bagi Pengidap Gangguan Depresi

Dalam penelitian tersebut, lalat buah terpapar cahaya biru selama 12 jam dalam sehari dan berada dalam kegelapan total, hal itu membuat usia mereka berkurang 15% dari usia normal lalat yang hidup di tengah cahaya natural.

Cahaya ponsel di malam hari
Cahaya ponsel di malam hari

Lalat-lalat yang terpapar cahaya biru juga dilaporkan menderita kerusakan pada neuron otak serta sel-sel retina, yang memengaruhi kemampuan mereka untuk memanjat dinding. Perlu dicatat juga, beberapa lalat dalam percobaan ini nggak memiliki mata karena mutasi bawaan. Namun, mereka masih menderita gangguan otak dan kapasitas motorik yang sama dengan mereka yang memiliki mata.

Meskipun penelitian ini nggak menjadi bukti konklusif bahwa lampu LED biru dapat mempersingkat hidup, kamu tetap harus berhati-hati dan membatasi penggunaan ponsel di malam hari. Yuk cegah hal tersebut dan mulai hidup lebih sehat ladies!

Selanjutnya: Para peneliti menemukan cara baru yang bermanfaat dalam dunia kesehatan, yaitu transplantasi cairan vagina. Simak penjelasannya!

Loading Facebook Comment ...