Cara Bisa Beralih pada Perawatan Tubuh yang Ramah Lingkungan

Cara Bisa Beralih pada Perawatan Tubuh yang Ramah Lingkungan
ISTOCK

Selamat Hari Bumi! Apa yang sudah kamu berikan kepada Bumi? Bukan bermaksud menyuruh, tapi Woop ingin mengajakmu merawat bumi dengan cara mengganti hal-hal berikut ini.

Seluruh dunia sedang merayakan Hari Bumi. Woop ingin bertanya, apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga bumi? Sekarang saatnya untuk kita mulai mengevaluasi gaya hidup yang kita anut, misalnya tidak membuang sampah sembarangan atau menghemat listrik. Memang tidak mulai memulainya, namun jangan pernah malu untuk mengambil langkah-langkah kecil agar hidup kita bisa lebih ramah lingkungan. Jika kamu bingung harus mulai dari mana, kamu bisa memulai dari rutinitas perawatan tubuh yang biasa dilakukan.

Gunakan Sikat Gigi Bambu

img

Saat ini banyak sekali barang yang terbuat dari bahan yang eco friendly. Salah satunya adalah sikat gigi. Sikat gigi menjadi produk perawatan yang disarankan untuk diganti setiap 3 bulan, dan dalam setahun, kira-kira satu orang mengganti sikat giginya sebanyak 3 sampai 4 kali. Jadi bisa dibayangkan saja, betapa banyaknya sampah sikat gigi yang terbuat dari plastik dihasilkan setiap tahunnya. Untuk itu, kamu disarankan untuk beralih ke sikat gigi yang lebih ramah lingkungan mulai sekarang, seperti sikat gigi yang terbuat dari bambu. Karena sampah yang dihasilkan dapat terurai dengan mudah.

Gunakan Reusable Cotton Pads

img

Daripada menggunakan kapas wajah sekali pakai, saatnya untuk menggantinya dengan reusable cotton pads. Kapas yang terbuat dari bahan kain ini bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner, serta memiliki tekstur yang aman untuk wajah. Kapas jenis ini juga mudah dibersihkan hanya dengan air dan sabun. Mulailah beralih menggunakan reusable cotton pads, demi merawat Bumi.

Beralih ke Sabun dan Sampo Batangan

img

Jika kamu terbiasa menggunakan sabun dan sampo dalam kemasan botol plastik (yang baru bisa terurai setelah beratus-ratus tahun lamanya), cobalah untuk menggantinya dengan sabun dan sampo batangan. Tidak hanya mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa membantu kehidupan seluruh makhluk di Bumi.