Cara Membuat Tamu Terkesan dengan Rumahmu

Cara Membuat Tamu Terkesan dengan Rumahmu
ISTOCK

Setiap kali mereka datang berkunjung.

Saat seorang tamu datang ke rumahmu, pernahkah kamu berpikir: “Apa ya, yang dipikirkan dia tentang rumahku?”  Harapannya sih, semoga saja jawabannya membuat hatimu senang.

Bagi sebagian orang kesan pertama itu sangat penting. Dan rumah dan dekorasinya merupakan salah satu kesan pertama yang "membocorkan" personaliti pemiliknya. Tidak butuh waktu yang lama (hanya 26 detik saja, sodara-sodara) bagi seseorang untuk tahu apakah kamu rapi atau sebaliknya. Adalah sesuatu yang wajar jika kita ingin para tamu memiliki opini yang positif atas our home sweet home. Untuk mencapai hal tersebut, coba lakukan beberapa trik ini. 

MENGUBAH GAYA DI BAGIAN DEPAN

“Wah, enak banget rumahnya!” Jika berharap si tamu mengatakan itu saat berkunjung ke rumahmu, coba dekorasikan bagian depan rumah terlihat lebih bersih dan adem, karena akam memberikan pesan "welcome" kepada siapapun yang datang. Kamu bisa meletakkan cermin agar ruangan di bagian depan terlihat lebih luas. Selain itu, pemilihan cat tembok juga perlu diperhatikan, pilihlah warna-warna netral dan berilah penerangan yang cukup. Satu lagi, jangan lupa untuk menempatkan beberapa tanaman di sudut-sudut strategis. 

PENCAHAYAAN DI PINTU MASUK

Hal yang pertama akan dilihat oleh seorang tamu saat membuka pintu adalah segelap/seterang apa ruangan tersebut. Yep, jadi pastikan bagian ruang tamu memiliki pencahayaan yang baik. FYI, sistem pencahayaan yang berlapis akan membuat rumahmu terlihat lebih terang, dibandingkan hanya memakai lampu gantung atau bohlam lampu biasa. Jadi, kombinasikan cahaya alami yang berasal dari jendela, dan lampu gantung ataupun bohlam.  

JANGAN LUPAKAN PENGHARUM RUANGAN

Melupakan meletakkan pengharum ruangan bisa menjadi masalah besar. Sekali si tamu mencium apek atau aroma tidak sedap lainnya, bau tersebut akan terus diingatnya bertahun-tahun kemudian. Belum lagi, rasanya pasti sangat tidak nyaman duduk berjam-jam dan minum teh di ruang tersebut. (Tidak semua orang memiliki bakat: bisa minum sambil menahan nafas.) Cara mudah agar rumahmu harum adalah dengan memberikan pengharum ruangan di setiap sisi sudutnya atau membakar lilin beraroma terapi sekitar 30 menit sebelum tamu datang.

PENUHI RUMAH DENGAN TANAMAN

Adanya tanaman dan bunga di dalam dan luar rumah akan memberi kesan hijau dan sejuk sehingga membuat orang-orang betah. (Yah, meskipun jangan sampai mereka menolak pulang, malah menginap.) Namun, sesuaikan dengan proporsi ruangan. Jangan sampai kamu dan tamu merasa seperti di hutan rimba; membuat dia ketakutan sehingga buru-buru pamit pulang.