Kamu Pelupa Akut? Ini 7 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat!

Kamu Pelupa Akut? Ini 7 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat!
Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat

Untuk kamu yang pelupa tingkat akut, segera terapkan cara-cara ini untuk meningkatkan daya ingatmu!

Daya ingat merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki manusia dengan cara memaksimalkan fungsi otak. Daya ingat bisa menjadi lemah karena beberapa faktor, seperti banyaknya beban pikiran, proses penuaan, atau kondisi kesehatan yang tidak baik. Namun, jika kamu merupakan orang yang pelupa dan sering cepat lupa akan sesuatu hal, daya ingat itu masih bisa ditingkatkan, lho. Nah, ini dia beberapa cara mudah meningkatkan daya ingat untuk kamu yang pelupa akut!

Cara Meningkatkan Daya Ingat

1. Latih otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Latih otak
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Latih otak

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Kamu bisa melatih otak dengan melakukan senam otak. Caranya adalah dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, bermain catur, rajin membaca, menguji ingatan dengan menghafal gambar, belajar memainkan alat musik, dan permainan strategi lainnya.

2. Makanan bernutrisi

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Makanan bernutrisi
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Makanan bernutrisi

Makanan merupakan sumber energi dan sumber nutrisi untuk menambah kinerja organ tubuh agar semakin baik. Survei menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan tersebut adalah makanan berserat, kaya akan antioksidan, dan bervitamin. Semua itu biasanya bisa didapatkan di dalam buah.

3. Hindari multitasking

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Hindari multitasking
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Hindari multitasking

Ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Ketika seseorang multitasking, kemungkinan ia akan tidak fokus dan setelah itu justru tidak berhasil mengingat salah satunya.

Baca juga: Benarkah Hobi Bisa Meningkatkan Kecerdasaan Otak?

4. Menulis

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Menulis
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Menulis

Meski terdengar sepele, beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa menulis sesuatu dengan tangan membutuhkan lebih banyak bagian otak jika dibandingkan dengan mengetik tulisan. Rutin menulis dengan tangan mampu merangsang otak untuk memproses dan menganalisis informasi sebelum menuliskannya.

5. Mendengarkan musik

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Mendengarkan musik
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Mendengarkan musik

Aktivitas mendengarkan musik mampu memberikan manfaat yang luar biasa terhadap otak. Seseorang yang sering mendengarkan musik, tanpa disadari mampu meningkatkan daya ingat, perhatian, dan kemampuan koordinasinya.

6. Olahraga teratur

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Olahraga teratur
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Olahraga teratur

Olahraga secara teratur juga merupakan cara yang efektif untuk menjaga daya ingat. Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Disarankan untuk melakukan olahraga, seperti berjalan kaki selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.

7. Tidur cukup dan berkualitas

Cara Meningkatkan Daya Ingat - Tidur cukup dan berkualitas
Cara Meningkatkan Daya Ingat - Tidur cukup dan berkualitas

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan daya ingat. Otak membutuhkan tidur untuk menumbuhkan sel-sel otak yang baru. Sempatkan tidur berkualitas selama 8 jam setiap malam agar kamu selalu berada di puncak kemampuan mental. Selain itu, tidur singkat setelah belajar sesuatu akan meningkatkan kemampuanmu untuk mempertahankan informasi tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara mudah meningkatkan daya ingat untuk kamu yang pelupa akut! Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: Masih muda tapi sering lupa. Sepertinya mulai saat ini kamu harus mengonsumsi 7 makanan ini. Karena bisa membantu meningkatkan daya ingatmu.

Loading Facebook Comment ...