Dari Masalah Berat Badan sampai KulitIni yang Terjadi Ketika Kita Kurang Tidur

Dari Masalah Berat Badan sampai KulitIni yang Terjadi Ketika Kita Kurang Tidur
ISTOCK

Jika masalahnya serius, kunjungi ahli. 

Kapan terakhir kali kamu tidur cukup, alias tujuh sampai delapan jam? Hmm... hmm... waktu masih SD? Kebanyakan orang pastinya ingin tidur cukup tapi karena satu dan lain hal seringkali sulit terealisasi. Namun, percaya tidak percaya kurang atau cukup tidur mempengaruhi banyak aspek di dalam tubuh dan hidupmu, mulai dari sesuatu yang trivial sampai yang merusak hubungan. Yep, jadi... tidurlah setelah membaca artikel ini. Ayo tidur!

1. Mood Bermasalah

Ah, ini sering sekali terjadi. Rasanya ingin ngomel-ngomel terus tanpa alasan yang jelas. Efek jangka panjang, jika “kebiasaan” ini berlangsung lama ternyata bisa mengakibatkan depresi dan gangguan kecemasan. Duh!

2. Kenaikan Berat Badan

Serius, nih? Yep, harus diketahui mulai sekarang: kurang tidur akan menyebabkan bertambahnya penimbunan kalori, karena akan terus merasa lapar. Apalagi kamu yang tidur tidak lebih dari 5 jam setiap malam, akibatnya akan mengalami penambahan berat badan sampai obesitas, lho. Seram juga, ya?

3. Penuaan Dini

Siapa yang mau sih, mengalami penuaan dini? Mulai sekarang, kamu (khususnya para perempuan) yang sibuk dan punya segudang aktivitas, rasanya harus mulai membenahi jam tidurnya. Pasalnya, kurang tidur bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Apa mau, di umur yang masih muda tapi kulit malah terlihat kusam, timbul garis-garis halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata?

4. Tidak Fokus

Coba siapa yang sering sulit fokus kantor? Ditanya A, jawabnya B alias nggak nyambung! Bisa ditebak, kamu kemungkinan kurang tidur. Memang, kurang tidur (walaupun hanya semalam) berefek negatif pada kemampuan kognisi dan memori dalam otak. Untungnya, hal itu tidak akan berlangsung lama—ketika jam tidur kamu kembali normal, maka fungsi otak akan kembali normal.

5. Metabolisme Melambat