Dengan Hanya Berolahraga Selama Ini Bisa Mencegah Depresi

Dengan Hanya Berolahraga Selama Ini Bisa Mencegah Depresi
ISTOCK

Lebih sedikit dari yang kita perkirakan.

Selain meditasi dan medis, para ahli percaya bahwa memang simbahan keringatmu setiap minggu bisa melawan depresi. Penelitian-penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa mereka yang aktif memiliki kecenderungan lebih rendah untuk mengalami kondisi kesehatan ini dan berolahraga merupakan metode yang efektif. 

daihatsu banner

Namun, pertanyaan sejuta umatnya adalah: berapa lama olahraga yang efektif bisa memerangi depresi? Untuk pertama kalinya, sebuah studi menjawab pertanyaan ini—dan sejujurnya bisa jadi lebih singkat daripada yang kita perkirakan.

Setelah memonitor level olahraga dan gejala-gelaja depresi dan kecemasan berlebih dari 33.908 orang dewasa di Norwegia selama 11 tahun, para peneliti menemukan 12% kasus depresi dapat dicegah sepeunhnya dengan hanya satu jam olahraga setiap minggu. Sekali lagi: SATU JAM. Meski 12% bukanlah angka yang tinggi, tapi ini merupakan sebuah bukti cukup untuk mendukung pentingnya menghabiskan waktu selama satu jam di gym (yah, kalau-kalau kamu masih butuh alasan untuk berolahraga). 

"Penemuan ini sangat menarik karena memperlihatkan bahwa bahkan dengan jumlah jam yang relatif sedikit—satu jam setiap minggu—ternyata memiliki dampak signifikan dalam memerangi depresi.

"Ini merupakan pertama kalinya kita mampu untuk mengukur kuantitas potensial pencegahan aktivitas fisik dalam hal mengurangi level depresi kedepannya," kata Samuel Harvey, PhD, penulis utama penelitian tersebut, dalam sebuah siaran pers

Meskipun para peneliti belum mengetahui pasti mengapa olahraga memiliki efek protektif terhadap depresi, Dr. Harvey memiliki ide: "Kami percaya bahwa hal tersebut merupakan dampak gabungan dari berbagai keuntungan aktivitas fisik." 

Jadi, tidak alasan lagi, ya: setiap orang (yep, bahkan orang paling sibuk di kantor dan di rumahmu) harusnya bisa menghabiskan satu jam dalam satu minggu di gym demi kesehatan mental. Meski ini berarti berolahraga sambil mengejar ketinggalan menonton serial Korea terbaru, tidak apa-apa! 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com