Destinasi Liburan Berikutnya: Kota-Kota Tenggelam

Destinasi Liburan Berikutnya: Kota-Kota Tenggelam
ISTOCK

Masukkan ke dalam daftar "tempat yang harus dikunjungi sebelum..."

Akhir-akhir ini sedang sering digelar travel fair. Frekuensinya, hampir tiap bulan dan hampir semuanya kita kunjungi. Bagi yang bingung mau pergi kemana, ini sebaiknya menjadi destinasimu selanjutnya: sebuah kota di bawah air alias underwater city yang dulunya pernah memiliki penghuni, tapi karena satu dan lain hal akhirnya tidak berada di permukaan tanah lagi. Catatan: dijamin surga Instagram dan tepat untuk mereka yang suka dengan liburan horor. 

LAKE RESCHEN

Sebuah menara gereja di Lake Reschen, Italia, merupakan satu-satunya yang terlihat oleh turis dari kota bawah air, Graun. Sejarahnya adalah, sebuah perusahaan listrik memutuskan untuk meluapkan kota tersebut di tahun 1939 untuk menciptakan sumber listrik musiman (proyek ini berlangsung lama karena perang dan baru selesai pada tahun 1950). Pada prosesnya, sebanyak 163 rumah dan 1290 hektar tanah tenggelam, sehingga penduduknya terpaksa pindah. Gosipnya, kadang-kadang terdengar bunyi lonceng gereja di kota hantu tersebut, padahal belnya sudah dicopot beberapa tahun yang lalu. 

Catatan: Kunjungi saat musim dingin ketika danau membeku dan bisa melihat menara tersebut dengan jelas. 

PORT ROYAL 

Pada suatu masa, kota yang terletak di Jamaika ini pernah dijuluki sebagai "the wickedest city on earth". Ketika pertama kali dieksplor, orang-orang Eropa menyadari bahwa kota tersebut memiliki ketersediaan alkohol, prostitusi, dan bajak laut yang tidak ada habisnya. Plus, pada Juni 1692, terjadi gempa bumi dan tsunami yang membunuh 2000 orang, serta meninggalkan kota (dan kapal-kapal) hanya beberapa meter di bawah air. 

Catatan: Ijin khusus diperlukan untuk menyelam dan melihat sisa kota tersebut, tapi banyak artifak dipajang di Museum of History and Ethnographydi Kingston. 

CLEOPATRA'S PALACE

Entah kenapa, tapi segala sesuatu yang berhubungan dengan Ratu Cleopatra membuat kita penasaran (salah satunya apakah dia mandi dengan air susu?). Keluarga dari firau terakhir dari dinasti Ptolemaik ini merupakan sebuah misteri sampai sebuah grup biologis laut mulai melakuan eksvakasi di situs di Alexandria, Mesir, pada tahun 1998. Ada anggapan bahwa gempa bumilah yang menjadi penyebab tenggelamnya kota ini pada 1500 tahun yang lalu, dan membuatnya tidak tersentuh selama lebih dari satu milenium. Para peneliti telah menemukan kira-kira 140 artifak, termasuk yang dipercaya sebagai makan Cleopatra.

Catatan: Pastinya harus mencoba scuba diving untuk melihat apa yang dipercayai sebagai istana Cleopatra, lengkap dengan beberapa patung sphinx, ruangan-ruangan berukuran super besar, dan beberapa spesies akuatik.