Food Review: Carne Smokehouse, Fatmawati

Food Review: Carne Smokehouse, Fatmawati
WOOP.ID
Food Review: Carne Smokehouse, Fatmawati

Carne—sebuah kata Spanyol yang berarti daging—sepertinya sangat bertekad untuk menghidupi arti nama tersebut

Rating
  • overall

Lokasi: Jalan Cipete Raya no. 15 C, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Harga: ± Rp. 300.000 (berdua, makan plus minum)

Sebelum membaca lebih lanjut, harap dengarkan peringatan keras ini. Untuk mereka yang sedang anti daging atau menghitung setiap satu tetes kalori (mungkin karena minggu depan hari pernikahan dan ukuran baju pengantin tidak boleh berubah), lebih baik memberikan tanda “save it for later” agar tidak masuk ke dalam godaan lemak daging yang lezat.

Carne—sebuah kata Spanyol yang berarti daging—sepertinya sangat bertekad untuk menghidupi arti nama tersebut. Dan apa lagi yang lebih “daging” dari Texas? Tidak ada. Nada. Maka interiornya pun didesain berbau Texas, mulai dari wall artworks, kursi-meja kayu warna-warni, atmosfer rileks, nyaman, dan tidak pretensius (sepertinya terinspirasi dari suasana barbecue di halaman belakang rumah yang merupakan tradisi orang Texas). Sebuah lukisan Dark Vader terlihat di dinding di depan kasir, lengkap dengan celemek; mungkin jika Dark Vader aslinya berasal dari Texas, penampakannya akan seperti itu. Yang pasti topeng besi hitamnya akan sangat berguna agar rambut tidak bau asap.

Sulit untuk memutuskan apa yang ingin dicoba dari menu yang disediakan oleh Carne. Sebagai penggemar daging, WOOP ingin mencoba semuaaanya. Sayangnya, brisket dan bronto ribs (daging yang diasapi selama 14 jam) yang menjadi menu andalan tidak tersedia karena persediaan menipis berhubung pesanan tanpa henti sepanjang siang. Jujur agak kecewa, tapi ada hikmahnya: jadi memiliki lebih banyak pilihan dan persedian area perut yang lebih besar. Setelah mendengarkan dengan seksama rekomendasi Edwin, salah satu pemilik restoran, akhirnya diputuskan: Aus Sirloin, Krispy Kreme X Triple Threat, Crazy Gringo, Buffalo Wings, plus minuman Red Velvet Milkshake dan Caramel Milkshake. Banyak, ya? Tapi kalorinya bera... forget about it, damn it

Siapa yang tahu bahwa kombinasi donut dengan daging asap adalah duet maut? Hasilnya, Krispy Kreme X Triple Threatsmoked meatKrispy Kreme glazed donut, triple patty, triple cheese—ibarat duet Rihanna dan Eminem dalam Love The Way You Lie: manis, perih, asin, dan gurih menjadi satu. 

Semua makanan yang disajikan enak, tapi highlight malam itu adalah sirloin steak yang kata Edwin dengan penuh penekanan "harus dimasak medium. Jangan rare, medium-rarewell-done, tapi hanya medium." Tektur kekenyalan dagingnya pas, tidak terlalu empuk tapi tidak juga membuat gigi sakit saat mengunyah; lengkap dengan mashed potatoes plus gravy kental di atasnya, green salad, dan saus chimicurri buatan sendiri menjadikan ini menjadi makanan favorit WOOP malam itu. Habis sampai titik lemak terakhir.