Kalahkan Albert Einsten, Gadis Ini Punya Skor IQ di Atas Rata-rata

Kalahkan Albert Einsten, Gadis Ini Punya Skor IQ Tertinggi
Freya Mongotra (nypost.com)

Memiliki hasil tes IQ di atas rata-rata, seorang gadis muda berhasil kalahkan skor IQ Albert Einsten dan Stephen Hawking.

Albert Einsten dan Stephen Hawking kerap dianggap sebagai manusia paling jenius di dunia, berkat skor IQ-nya yang kelewat tinggi. Namun sepertinya, gelar itu akan berpindah ke tangan seorang gadis muda. Siapakah dia?

Gadis berusia 10 tahun asal Inggris berhasil memiliki skor IQ yang melebihi Einsten dan Hawking. Freya Mangotra, dari Moseley, pinggiran kota Birmingham, mengikuti tes IQ pada bulan Oktober 2019, di usianya yang ke-10 setengah tahun. Menurut laporan The Birmingham Mail, ia merupakan peserta termuda yang diizinkan untuk mengikuti ujian tersebut.

Freya Mongotra (thesun.co.uk)
Freya Mongotra (thesun.co.uk)

Freya memperoleh skor Mensa 162 dalam tes Cattell III B (tes yang meneliti penalaran verbal), mengalahkan Einstein yang diyakini memiliki skor IQ 160, serta Hawking dengan skor yang sama, melansir dari New York Post.

Baca juga: Inilah Sosok Perdana Menteri Wanita Termuda di Dunia

Berdasarkan hasil itu, bisa disimpulkan bahwa Freya adalah seorang anak yang 'jenius', seperti para tokoh ternama tersebut. "Mereka mengatakan itu yang tertinggi yang bisa didapatkan di bawah usia 18 tahun," ungkap ayah Freya, Kuldeep Kumar yang merupakan psikiater. 

"Aku tidak ingin terlalu menekannya, tetapi kami tahu bahwa dia memang berbakat sejak kecil, yaitu sejak usia dua atau tiga tahun ," tambahnya. “Dia menangkap hal-hal dengan sangat cepat. Dia dapat berkonsentrasi dengan sangat cepat dan mengingat berbagai hal, Freya hanya perlu membaca atau melakukan sesuatu sekali saja, dan bisa langsung mengingatnya. Kami diberkati."

Freya memiliki hobi membaca yang diturunkan dari kedua orang tuanya. Saking gemarnya, ia bahkan bisa menghabiskan seharian waktunya untuk membaca buku. 

Freya dan orang tuanya (nypost.com)
Freya dan orang tuanya (nypost.com)

“Kami terpaksa memberi batasan padanya agar berhenti membaca, dan mengatakan jam 10 malam sebagai waktu maksimal untuk membaca. Tapi sepertinya, Freya tidak butuh banyak tidur, dia mudah bangun pagi untuk sekolah," ucap Kumar. 

Baca juga: Terbukti! Perempuan Lebih Gemar Membaca Novel Dibanding Laki-laki

Saat tidak menghabiskan waktu untuk membaca, Freya juga gemar menulis cerita, bermain drama, catur, serta berlatih Taekwondo. Selain itu, gadis muda tersebut juga memiliki hobi berenang dan menari Bollywood.