Hidup Jangan Dibuat Sulit, Stop Terobsesi dengan 6 Pertanyaan Ini!

Hidup Jangan Dibuat Sulit, Stop Terobsesi dengan 6 Pertanyaan Ini!
ISTOCK
Hidup Jangan Dibuat Sulit, Stop Terobsesi dengan 6 Pertanyaan Ini!

Dear perempuan, cobalah berhenti untuk terobsesi dengan enam pertanyaan ini karena tidak baik untuk kesehatan mental dan hanya bisa menghabiskan energimu saja.

Banyak pertanyaan yang ada di kepala kita. Pertanyaan seperti, 'haruskah saya mulai berinvestasi?' atau 'saya ingin lebih sehat, apa yang harus dilakukan?' adalah jenis pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada sang ahli dan memang patut diajukan karena tujuannya baik. Namun ada beberapa pertanyaan yang tidak ada gunanya terus dibicarakan dan membuat kita terobsesi siang malam. Pada akhirnya, pertanyaan tersebut malah membuat hidup kita stuck di tengah jalan, tidak maju-maju, lebih susah, bahkan terkadang bisa menyakiti diri sendiri. Maybe only God can answer it! 

Apa yang salah denganku?

Pertanyaan ini bisa berguna jika kamu sudah makan bakso dua mangkok, satu potong steak, satu loyang cheese cake, tapi tetap merasa lapar. Namun tidak untuk ditanyakan kepada dirimu sendiri, apalagi diajukan hampir setiap hari dan sama sekali tidak menyadari bahwa pertanyaan ini hanya terfokus pada sisi negatif saja. Daripada kamu mempertanyakan hal yang tidak penting, Woop menyarankan agar energi yang sama lebih baik digunakan untuk mengembangkan kebaikan yang ada di dalam diri kita; belajar membuat cheese cake, misalnya.

img

Apakah si dia benar-benar mencintaiku?

Well, jika pasanganmu sudah bertahun-tahun berada di sampingmu dan sepertinya bahagia (paling nggak 90% dari umur hubungan kalian), berhentilah mempertanyakan ini. 

Kapan waktu saya akan datang?

Kapan saya akan menikah seperti yang lain? Kapan saya punya pacar kaya seperti si anu? Harapan yang menyenangkan bisa banget membantu menarik hal-hal baik di dalam hidup. Namun, jika hal ini  terus menerus dipertanyakan kapan waktunya, bisa jadi malah menjauhkan kamu dari hal-hal tersebut. Lebih baik kenali apa yang kamu mau, lakukan bagianmu untuk bisa mewujudkannya dan kemudian alihkan perhatianmu. The ship will come faster then you think.

img

Apakah saya terlihat gemuk dengan baju ini?

Sorry cant help it; Woop is sending you rolling eyes emoji. Ingat dengan baik bahwa beberapa baju memang akan membuatmu terlihat lebih besar atau kecil. Tapi faktanya adalah apapun yang dipakai, berat badanmu tidak akan lantas berkurang atau berubah. Jika kamu bisa menerima dengan lapang dada fakta ini, niscaya kamu akan merasa lebih ‘ringan’. 

Apa yang akan orang pikirkan? 

Ini adalah contoh pertanyaan yang membuat kamu bisa ‘berempati’. Namun apa yang orang lain pikirkan sama sekali bukanlah masalahmu. Tidak ada gunanya mengkhawatirkan pendapat orang lain jika itu membuatmu stagnan dan tidak bisa menikmati hidup secara maksimal! 

Kenapa hal ini terjadi pada saya?

Jika mengajukan pertanyaan ini karena sebuah tragedi yang menimpamu, sah-sah saja. Namun apabila dikatakan dengan nada mengeluh, menyebalkan dan terus menerus, kamu akan terdengar seperti nitizen yang berkomentar di akun Lambe Turah. Di lain sisi, ketika mempertanyakan ini dengan nada penuh pertimbangan, kamu akan mendapatkan pencerahan dan pelajaran dari setiap kejadian yang tidak menyenangkan di dalam hidupmu.

Selanjutnya: Apakah kamu sering tidak masuk kerja? Apakah benar alasan seperti ini yang kamu selalu berikan kepada atasanmu saat tak masuk kerja?