Bosen Ceplok dan Dadar terus? Ini 4 Variasi Masakan Telur yang Unik!

Ini 4 Variasi Masakan Telur yang Unik!
4 Variasi Masakan Telur yang Unik

Daripada makan telor ceplok atau dadar terus, ini beberapa variasi makanan telur yang unik versi woop untuk kamu.

WOOP.ID - Telur merupakan masakan yang rasanya lezat, mudah diolah dan juga bahan pangan bergizi tinggi. Biasanya hanya digoreng menjadi telur ceplok atau dadar udah enak banget dinikmati dengan nasi hangat, tinggal ditambah kecap dan saus sambal deh.

Namun kalau masaknya kayak gitu-gitu aja pasti bosan, cobain deh sesekali olah telur menjadi masakan yang unik agar enggak jenuh. Nah, kali berikut beberapa variasi masakan telur yang bisa kamu cobain masak dirumah!

4 Variasi Masakan Telur yang Unik

1. Souffle Omelette

Masakan telur ini bertekstur lembut dan bikinnya pun sangat simple. Kamu hanya membutuhkan bahan masak 3 butir telur, ¼ sdt kaldu jamur, ¼ sdt lada, ¼ sdt lada, 70 gram keju mozzarella parut, ½ sdt paprika bubuk dan 1 sdt butter.

Cara memasak: pisahkan kuning dan putih telur, mikser putih telur hingga mengembang, untuk kuning telur masukan kaldu jamur dan lada lalu aduk sampai rata. Masukan kuning telur kedalam putih telur, aduk lagi hingga merata. Panaskan Teflon dengan api paling kecil, masukan butter dan ½ bagian telur, bentuk bulat dan ratakan. Taburi atas telur dengan keju parut dan paprika bubuk. Tutup Teflon, tunggu kurang lebih 5 menit sampai matang. Setengah telur sisanya lakukan dengan cara yang sama.

Jadi deh, sajikan selagi hangat dengan sosis atau beef bacon. 

Baca juga: Ini 5 Hal Positif yang Bisa Didapatkan Saat Memasak!

2. Cloud Egg

Sekilas terlihat seperti telur ceplok namun bagian putihnya versi lebih mengembang seperti awan dan bertekstur lembut. Bahan masaknya adalah 3 butir telur, 1/3 sdt garam, 1/3 sdt bawang putih bubuk, 1/3 sdt lada bubuk, ¼ sdt oregano dan margarin.

Cara memasak: pisahkan putih dan kuning telur, kocok putih telur lalu masukan garam, bawang putih bubuk dan lada bubuk dengan mixer sampai kaku. Panaskan oven, siapkan Loyang yang sudah dioles dengan margarin. Tata putih telur seperti telur mata sapi yang bulat, dan buat bagian tengahnya dengan bentuk cekung. Letakkan kuning telur dibagian cekung tersebut, taburi garam dan oregano. Panggang di oven sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Masakan telur ini bisa disajikan dengan sosis dan beef bacon juga.

3. Telur Geprek

Bukan ayam saja yang bisa dijadikan menu geprek, telur juga bisa kok. Masakan bertekstur renyah ini membutuhkan bahan masakan 3-4 butir telur, 1 ikat daun bawang iris halus, 9 sdm tepung terigu, 2 siung bawang putih, ½ sdt garam, air secukupnya, 1 sdm tepung maizena, ¼ sdt baking soda, 10 buah cabai rawit, minyak goreng secukupnya.

Cara masaknya: pecahkan telur dan kocok dengan irisan daun bawang, panaskan minyak dan buat dadar gulung tebal. Haluskan bawang putih, tuangkan air dan garam, masukan telur dadar sampai rata, gulingkan dengan tepung pelapis. Goreng telur balut tepung dalam minyak panas dan banyak, gunakan api paling kecil. 

Untuk sambalnya haluskan bawang putih, cabai rawit dan garam lalu ulek dicobek. Letakkan telur goreng crispy di atas cobek, kemudian geprek dengan sambal. Sajikan telur geprek dengan nasi panas.

Baca juga: 11 Games Masak Terbaik yang Wajib Dimainkan Oleh Wanita

4. Sup Telur

Shop From Our Partner Cathaofficial.com