Ini Cara Makan Sehat untuk Menurunkan Berat Badanmu

Ini Cara Makan Sehat untuk Menurunkan Berat Badanmu
ISTOCK

Jangan terlalu fokus pada kalori.

Sebulan ini gaya hidupmu gila-gilaan—dan berkat menonton The Hauntung of Hill House kamu ingin hidup sehat (seandainya dikejar "sesuatu"—bahkan di dalam mimpi—kamu bisa lari dengan fit, paling tidak setengahnya Usain Bolt). Woop mendukung. Satu yang perlu diingat, kuncinya adalah menyesuaikan gaya hidupmu sesuai dengan kebutuhanmu. 

"Intinya adalah satu tipe belum tentu tepat untuk semua orang ketika kita membicarakan menurunkan berat badan," jelas Katherine D. McManus, MS, RD, LDN baru-baru ini di Harvard Health Blog. Pasalnya, faktor-faktor seperti usia, seks, jenis badan, sejarah kesehatan, genetik dan aktivitas fisik berperan penting dalam usahamu untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, McManus mengindikasikan bahwa ada beberapa kebiasaan universal yang bisa diterapkan oleh setiap orang yang ingin menurunkan berat badan dan tetap sehat. Alih-alih fokus pada kalori, kebiasaan seperti di bawah ini akan membuatmu lebih sehat dan bahagia. 

1. Catat makanan apa yang kamu makan.

Untuk mengerti darimana kamu harus memulai, McManus merekomendasikan membuat catatan semua yang kamu makan selama tiga hari, termasuk minuman dan porsinya. Juga seberapa sering kamu makan di luar dan memasak di rumah. Setelahnya, kamu bisa menentukan target dan membuat rencana.

2. Kendalikan porsi makan.

Ahli kesehatan ini menyarankan untuk mengingat kembali porsi standar. Beliau menekankan bahwa ukuran sajian standar daging adalah hanya setinggi satu pak kartu remi, sementara pasta cuma setengah gelas. Jadi, ingat selalu rujukan tersebut agar kamu bisa mengontrol banyaknya makanan yang dikonsumsi. 

3. Ikuti aturan 80/20. 

McManus menghimbau untuk mengikuti aturan 80/20. Artinya, sebagian besar waktu (80%) kamu makan sehat dan selebihnya (20%), gunakan untuk memanjakan diri (yep, maksudnya KFC, mi instan, dan teman-temannya). "Ini supaya kamu merasa tertekan atau bersalah," jelasnya. 

4. Makan dengan pelan dan sepenuh hati. 

Bahkan ketika kamu menyantap makanan dengan porsi yang dianjurkan, McManus menyarankan untuk menikmatinya saat dikunyah. "Ambil waktu untuk menghargai aroma, rasa, dan tekstur makanan yang ada di depanmu," katanya.

HALAMAN
12