Urutan Cara Membersihkan Rumah Secara Efektif!

Urutan Cara Membersihkan Rumah Secara Efektif!
ISTOCK

Jika memang malas, pertimbangkan manfaat bersih-bersih menurut sains. Di antaranya bisa tidur nyenyak.

WOOP.ID - Sebagian orang tidak suka bersih-bersih. Tidak usah takut mengakuinya, karena aktivitas ini memang, menguras energi dan ehm... membosankan.

Siapa sih, yang mau menghabiskan akhir pekan yang berharga dengan menggosok lantai kamar mandi, atau membuang isi kulkas yang bentuknya sudah menjijikkan?

Namun coba lihat kamar tidurmu, serius... lebih cocok disebut tempat pembuangan sampah terakhir. 

Jika memang malas, pertimbangkan manfaat bersih-bersih menurut sains. Di antaranya bisa tidur nyenyak, membuat suasana hati lebih baik, dan mempermudah move on. Bingung mulai darimana? Coba ikuti tips di bawah ini. 

Urutan Cara Membersihkan Rumah Sesuai Ruangannya

1. Kamar Mandi

ISTOCK
ISTOCK

Ini adalah salah satu lokasi tepat mencari dan mendapatkan ide. Namun, jika kotor dan berantakan agak sulit sepertinya untuk menghasilkan ide brilian.

Baca: 4 Alasan Penting Perlu Membersihkan Lemari Bajumu Sekarang

Kamar mandi yang lebih rapi dan bersih juga membuat rutinitas pagimu lebih mulus karena tahu persis apa ada dimana—tidak harus ribut dulu untuk menemukan cukuran. 

Yang kamu butuhkan lemari atau kabinet yang cukup besar untuk menaruh berbagai barang yang masih gunakan.

Sortir semua barang, pisahkan dan simpan barang-barang yang masih bisa dipakai di lemari. Dan singkirkan yang tidak perlu—termasuk hair dryer yang sudah tidak bisa berfungsi, tidak peduli dulu harganya berapa. 

2. Kamar Tidur

Ubah Dekorasi Kamar Kos Jadi Instagramable - Pecinta Rustic
Ilustrasi Kamar Tidur

Kamar merupakan tempat dimana kamu bisa melakukan apapun dengan bebas. Juga beristirahat setelah beraktivitas sehari. Jadi memang sebaiknya bersih dan rapi.

Lakukanlah dengan menaruh barang-barang sesuai dengan tempat dan fungsinya. Hal itu bisa membuat kamar tidur menjadi rapi, nyaman, dan luas. 

3. Garasi

Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Versi Pinterest - Desain Dominasi Pagar Roster
Ilustrasi Garasi

Apa saja yang kamu simpan di dalam garasi, selain mobil ? Peratalan olahraga? Atau peratalan naik gunung? Biasanya, garasi menjadi tempat “pembuangan” akhir untuk barang-barang berat. Oke! Bagaimana cara membersihkannya?

Baca: 6 Tips Dekorasi Rumah Sesuai Feng Shui Jodoh

Merapikan garasi benar-benar harus dilakukan per zona karena akan menangani objek yang berbeda dan cukup “berat”. Jadi, aturlah ruang ini dengan melewati zona demi zona atau item demi item.

4. Dapur

ISTIMEWA
ISTIMEWA

Karena ini adalah tempat kamu menyiapkan makanan yang akan dimasukkan ke mulut, jadi memang harus bersih, kalaupun tidak rapi.

Mulailah dengan membuat rencana apa diletakkan dimana dan berikan label sebagai tanda agar semua penghuni rumah konsisten menjaga kerapian.

Baca: Feng Shui: 3 Hal di Rumah yang Menciptakan Energi Negatif

Lalu, singkirkan piring, gelas, mangkok, sendok, garpu, dan pecah belah lainnya yang memang sudah tidak bisa digunakan.

5. Ruang Tamu

ISTIMEWA
ISTIMEWA

Ruangan ini lokasi menerima tamu, bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menonton tv atau sekedar mengobrol.

Namun, seringkali ruang tamu menjadi salah satu yang sulit dirapikan. Dan yang lebih sulit lagi, menjaga kerapiannya. Agar tidak sesak carilah sofa atau furnitur yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan.

Atau, gunakan dinding kosong, dan sudut di bawah tangga untuk menyimpan pernak-pernik atau mainan anak. 

Baca: