Jangan Panik! Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Rumah Terendam Banjir

Jangan Panik! Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Banjir
Ilustrasi Banjir

Jangan panik dan tetap tenang saat banjir merendam rumahmu. Simak baik-baik, apa saja yang harus dilakukan saat banjir melanda.

Memasuki musim penghujan, banjir melanda beberapa wilayah di Indonesia termasuk DKI Jakarta dan Jawa Barat. Banyak wilayah yang sebelumnya tak pernah terendam, kini ikut menjadi wilayah terdampak banjir. 

Melihat hal tersebut, banyak masyarakat yang belum mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat banjir menerjang. Maka dari itu, untuk lebih mempersiapkan diri dan terus bersikap siaga, ini dia beberapa hal yang harus dilakukan saat rumahmu terendam banjir.

5 Hal yang Dilakukan Saat Rumah Terendam Banjir

1. Amankan Barang Berharga

Saat melihat aliran air semakin tinggi dan hampir masuk ke dalam rumah, segera pindahkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

Barang berharga yang dimaksud misalnya adalah surat-surat penting. Pastikan kamu menyimpan sertifikat tanah, ijazah, surat kependudukan di dalam wadah kedap air. Kemudian simpan ke bagian rumah paling tinggi, seperti atas lemari.

2. Matikan Aliran Listrik

Ketika cuaca mulai tidak bersahabat, dan peringatan akan bahaya banjir diserukan. Langsung matikan aliran listrik atau hubungi pihak terkait seperti PLN, untuk memadamkan aliran listrik di wilayah terdampak banjir. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting listrik yang bisa memakan korban.

3. Waspada Terhadap Arus Air

Jangan terburu-buru dan selalu perhatikan langkah saat berjalan di tengah banjir. Genangan air akan menutup kubangan dan lubang besar di tanah. Maka dari itu, sebaiknya hindari berjalan di dekat saluran air agar tidak terseret arus banjir.

4. Terus Memantau Informasi

Jangan lupa untuk terus memantau informasi via media sosial. Pastikan power bank dalam keadaan penuh, untuk menghindari habisnya baterai ponsel saat aliran listrik terputus. Agar lebih mudah, kamu bisa mengikuti pantauan informasinya melalui tagar di Twitter maupun Instagram.

5. Simpan Nomor Darurat

Saat siap untuk dievakuasi, amankan kondisi rumah jika memungkinkan. Pastikan kamu menyimpan nomor-nomor darurat yang bisa langsung dihubungi dalam keadaan genting.

Bagi kamu yang belum tahu, ini dia beberapa nomor darurat yang perlu diketahui. Indonesia Emergency Call:

  1. Ambulans (118 atau 119)
  2. Pemadam kebakaran (113)
  3. Polisi (110)
  4. SAR/BASARNAS (115)
  5. Posko bencana alam (129)
  6. PLN (123)

Untuk nomor telepon bantuan khusus banjir, bisa menghubungi kontak di bawah ini: Nomor Telepon Penting: 021-3459444, SMS center: 085880001949

Selanjutnya: Sering kehilangan paket, perempuan ini akhirnya temukan cara unik untuk mengerjai balik si pencuri. Yuk intip ide uniknya!

Loading Facebook Comment ...