Kamu Dipersilakan untuk Mengonsumsi Karbo Ini Setiap Hari

Kamu Dipersilakan untuk Mengonsumsi Karbo Ini Setiap Hari
ISTOCK

Setiap hari? Yep.

Yuhuu, ini adalah berita baik untuk mereka yang menghindari karbohidrat, padahal sebenarnya suka banget: kamu bisa menikmati satu jenis karbo sebanyak yang kamu mau. Setiap hari. 

Seperti yang kita tahu, setiap karbo tidak sama—ada yang lebih sehat dibandingkan yang lain—tapi para nutrisionis setuju tentang satu sumber karbohidrat yang cocok untuk pola makan yang sehat dan seimbang: gandum utuh. Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, gandum utuh merupakan bagian penting dari diet yang sehat, pastinya itu berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan kata lain—drum rolls, please—gandum utuh adalah karbo tersehat. 

Sujud syukur karena akhirnya ada bukti bahwa karbo tidak selalu jelek, tidak selalu menjadi pelaku utama dari kenaikan berat badan. Jadi, sama sekali bukan musuh yang harus dijauhi, bahkan ketika kamu sedang mengadopsi diet "sehat". Meskipun begitu, memang penting untuk diingat bahwa ada perbedaan besar antara gandum utuh dengan karbo olahan.

  • Makanan seperti roti putih dan nasi putih (oh, tidak!) dikenal sebagai "karbo yang sudah dilucuti", artinya komponen bernutrisi karbohidrat yang terkandung di dalamnya (serat, vitamin dan mineral) telah dilucuti saat melalui proses olahan untuk melembutkan roti dan beras. Hasil olahan tersebut akan dengan cepat dicerna olah tubuh dan diubah menjadi gula, yang akhirnya bisa memicu kenaikan berat badan—inilah mengapa karbo selalu dikaitkan dengan naik-turun berat badan.   
  • Gandum utuh tidak melalui proses olahan sehingga nutrisinya tetap utuh. Itulah sebabnya, para ahli nutrisi menyarankan agar memasukkan karbo ini dalam pola makan harianmu. Selain itu, jangan lupakan buah-buah, sayuran, protein dan lemak—ini adalah diet seimbang, yang merupakan kunci dari pola makan yang sehat. Lalu, kurangi juga konsumsi daging merah dan makanan olahan lainnya yang biasanya mengandung banyak gula tambahan. 

Jadi, kesimpulannya: jangan takut dengan karbo, atau pura-pura tidak mendengar saat tubuhmu meminta karbo, hanya pastikan mengonsumsi gandum utuh dan seimbangkan dietmu dengan makanan bernutrisi lain seperti sayuran, lean protein, dan lemak-lemak sehat (contohnya, minyak zaitun dan alpukat).

Selanjutnya, selain mitos "dilarang makan karbo", ada mitos diet lainnya yang perlu kamu tahu dan tidak perlu didengarkan

Shop From Our Partner Cathaofficial.com