Kata Dokter, Ini Makanan yang Pengaruhi Kecantikan Kulitmu

Kata Dokter, Ini Makanan yang Pengaruhi Kecantikan Kulitmu
iStock

Penting nih! dr. Kristina memberitahukan makanan-makanan yang mempengaruhi keindahan kulitmu.

Munculnya jerawat bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keturunan, gaya hidup, dan makanan. Tidak mengherankan jika kita sering menyalahkan kacang sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tapi apakah itu benar? Bukan menakut-nakuti, tapi ada beberapa makanan yang memang bisa membuat jerawatmu bertambah parah. Tenang! Selain makanan yang buruk, tentunya ada juga makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan kulitmu.

daihatsu banner

Untuk mengetahuinya lebih jelas, Woop bertanya kepada dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci, MGizi, Sp.GK, seorang dokter spesialis gizi dari RS EMC Tangerang.

“Iya, benar. Makanan bisa mempengaruhi kesehatan kulit,” ujarnya. Ia melanjutkan, “makanan yang kita konsumsi akan dicerna dan menjadi vitamin, mineral, juga asam amino yang membentuk sel-sel kulit dan juga sebagai nutrisi kulit kita. Antioksidan dalam sayuran dan buah-buahan membantu melawan keriput penuaan. Sedangkan Omega-3 yang banyak terdapat dalam ikan turut mendukung kelembapan alami kulit.”

Wah! Tidak disangka-sangka ternyata makanan yang kita makan juga mempengaruhi kulit. Nah! Karena mungkin banyak orang yang baru mengetahuinya, apa yang akan terjadi saat kita mengonsumsi makanan yang salah?

“Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula (yang seringkali ditemukan pada permen, soda dan makanan kemasan lainnya) akan terjadi peningkatan insulin dalam tubuh. Selain itu, terjadi juga proses inflamasi yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada kulit,” ungkapnya.

Ha? Sebenarnya, apa saja efek yang bisa diberikan makanan pada kulit?

“Makanan yang mengandung tinggi gula dan merupakan hasil pemprosesan dapat mengganggu kesehatan kulit, misalnya seperti iritasi, kemerahan, jerawat dan penuaan dini,” jawab Kristina.

Ooh, karena kita sering sekali mengonsumsi makanan yang kemasan dan juga manis, itu sebabnya jerawat bisa muncul tanpa permisi. Jadi, makanan seperti apasih yang harus dikonsumsi?

“Makanan terbaik untuk memberikan nutrisi kulit terdiri dari berbagai sayuran berwarna-warni yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit,” ungkapnya.

Kristina pun menjabarkan makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan tidak dikonsumsi untuk kesehatan kulitmu:

Makanan yang harus dikonsumsi:

  • Makanan yang mengandung Vitamin A, seperti bayam, wortel, labu, brokoli, dan telur.
  • Makanan yang mengandung Zinc; karena mineral ini dapat mencegah jerawat. Bisa kita temukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Omega-3 yang juga dapat mengurangi proses imflamasi yang dapat menyebabkan jerawat. Omega-3 ini banyak terdapat dalam ikan berlemak seperti salmon, ikan sarden, walnut, flaxseed dan almond.
  • Makanan sumber Vitamin C; jeruk, lemon dan tomat
  • Vitamin E; ubi, alpukat dan bayam yang mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu melindungi kulit dari cidera akibat matahari dan penuaan.

“Kulit juga membutuhkan hidrasi yang baik karena 70% komposisi kulit terdiri dari air,” tambannya.

HALAMAN
12
Shop From Our Partner Cathaofficial.com