Kesalahan Dekor yang Bisa Kamu Koreksi dalam Hitungan Menit

Kesalahan Dekor yang Bisa Kamu Koreksi dalam Hitungan Menit
ISTIMEWA

Paling lama: 15 menit. 

Oleh karena kita adalah mahluk imortal dan sebagian besar ilmu dekor dan menghias rumah didapat dari Pinterest dan internet (bukan lulusan sekolah desain), sangat bisa dimengerti jika kita melakukan banyak kesalahan. Lampu digantung terlalu rendah, sehingga setiap kali lewat, ooops... kepala sedikit benjol. Lalu, menggosok-gosok jidat, memelototi lampu tersebut, terkadang menyumpahinya—tapi posisinya tidak dikoreksi. Hah. Padahal, jika dipikir-pikir memperbaikinya tidak membutuhkan waktu lama, tapi entah kenapa kita menikmati "disiksa". Hah. Itu, dan ada beberapa kesalahan dekorasi lain yang sebenarnya... 1, 2, 3, ... 15 menit, tadaaa... posisinya lebih baik dan ruangan pun lebih gaya. 

KESALAHAN #1: TATA LETAK

img

Seringkali kita meletakkan sofa dan kursi super rapat ke tembok; mungkin niatnya agar tikus atau kecoa tidak bersembunyi dan menjadikannya sebagai rumah. Ini sebuah kekeliruan. Koreksi dengan menjauhkannya dari tembok—dan menjauhkannya juga dari furnitur yang lain. Berikan kesempatan ruangan tersebut untuk bernafas dengan lega. 

KESALAHAN #2: LAMPU

img

Kesalahan lain yang kadang kita lakukan: menganggap satu lampu yang tergantung di langit-langit sudah cukup. Padahal untuk membuat ruangan nyaman dan hangat, dibutuhkan beberapa lampu dari berbagai sudut dengan ukuran yang bervariasi. Danamu terbatas? Tidak perlu membeli yang mahal. Oh, jangan lupa untuk memakai bola lampu yang tidak terlalu terang, menyilaukan mata sehingga ambiens hangat di dalam ruangan tersebut tetap terjaga. 

KESALAHAN #3: SOFA

img

Ah, sofa—satu furnitur yang tidak dijarang dibeli dengan harga yang menghabiskan satu bulan gaji, tapi sia-sia karena didekorasi tanpa niat! Pertama, sofa (ukuran standar, 84 inci) tidak membutuhkan berpuluh-puluh bantal. Tiga sampai lima sudah lebih dari cukup; bantal dengan ukuran 20 inci terlalu kecil jika hanya satu, jadi tambahkan bantal berukuran 22 inci di belakangnya agar terlihat lebih proporsional. Dan jika selama ini kamu skeptis dengan nasihat ibumu untuk "jangan lupa tepuk-tepuk bantalnya", lakukan! Agar bentuknya tetap terjaga dan lebih tahan lama. 

HALAMAN
12