Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Kerutan Datang Terlalu Cepat

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Kerutan Datang Terlalu Cepat
ISTOCK

Intinya: sumber kolagen.

Kamu sudah rajin memakai tabir surya, pelembap, dan maskeran sekali seminggu—berikutnya adalah: mengonsumsi makanan yang bisa mencegah kerutan datang terlalu cepat. "Saat kamu mencerna [makanan kaya protein], tubuhmu menghancurkan protein menjadi asam amino yang membantu membangunkan kembali sel-sel," tulis Reader's Digest. "Memiliki cukup persedian [asam amino] di dalam tubuh akan membuat tubuh lebih mudah memperbaiki dan membangun kembali sel-sel kulit dan kolagen yang memberikan struktur pada kulit." Selain menyarankan untuk menghindari kafein dan gula berlebihan, publikasi tersebut juga merekomendasikan untuk mengonsumsi lima makanan ini setiap hari untuk melawan kerutan-kerutan yang tidak diinginkan. 

  • Bawang putih: "Bumbu berbau tajam ini dipadati dengan antioksidan pelindung kulit yang disebut polyphenols, yang membantu memproteksi kulit dari radikal-radikal bebas, yakni molekul-molekul tidak stabil yang merusak kolagen."   
  • Minyak zaitun: "Minyak sehat ini penuh dengan oleic acid, sebuah jenis asam lemak yang membuat kulit lembut dengan cara menjaga cairan membran pada kulit. Vitamin E dan polyphenols-nya juga menolong kulit terlihat muda."   
  • Salmon: "Asam omega-3 di dalam salmon tidak hanya bagus untuk jantungmu. Mereka juga menjaga cairan membran sel agar kulit halus. Konsumsi minimal dua sampai empat ons salmon sekali saji, setiap minggunya."  
  • Raspberries: "Beri memilili lebih banyak antioksidan dibandingkan sayuran atau buahan lain. Antioksidan tersebut merupakan penyelamat kulit, melindunginya dari kerusakan-kerusakan yang menyebabkan kulit berkerut."   
  • Kacang Polong: "Orang-orang yang suka mengonsumsi polong-polongan, ikan, sayuran dan minyak zaitun memiliki kerutan paling sedikit, [hal ini] ditemukan oleh sebuah studi di Australia [yang meneliti] orang-orang di Australia, Swedia, dan Yunani.