Ini Cara untuk Mendukung Sesama Perempuan

Lakukan Ini untuk Mendukung Sesama Perempuan
Cara untuk Mendukung Sesama Perempuan

Sebagai sesama perempuan, tentunya kita perlu untuk saling mendukung. Bagaimana caranya? Lakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

Emansipasi perempuan yang digalakkan oleh Raden Ayu Kartini telah menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk berani berekspresi dan unggul dalam berbagai bidang. Di seluruh Indonesia, perempuan mulai percaya diri untuk mengembangkan diri dan menjadi berdaya. Yang perlu kita sadari, aspirasi perempuan untuk mencapai pemberdayaan dan emansipasi tentu akan lebih mudah dicapai bila kita, sebagai sesama perempuan, saling mendukung satu sama lain.

Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendukung perempuan Indonesia dalam usaha mereka untuk mengembangkan diri dan menjadi berdaya? Yuk, simak beberapa inspirasi di bawah ini yang disusun oleh Mekar.id untuk Woop Ladies!

Pertama, kamu dapat turut meramaikan campaign di sosial media yang yang bertujuan untuk mendukung dan menginspirasi perempuan. Dengan ikut serta meramaikan campaign tersebut kamu turut membagikan pesan positif kepada perempuan Indonesia yang membacanya. Untuk mengetahui berbagai kampanye yang sedang marak diusung, kamu bisa mengikuti akun-akun sosial media berbagai gerakan atau lembaga yang fokus pada isu pemberdayaan dan emansipasi perempuan.

Beberapa akun sosial media yang menyuarakan pemberdayaan dan emansipasi perempuan di antaranya:

Kedua, kamu dapat mendukung perempuan pelaku usaha kecil di seluruh Indonesia dengan cara memberikan mereka akses ke pinjaman usaha. Akses ke pinjaman usaha adalah hak ekonomi yang penting dimiliki perempuan, agar mereka dapat membangun dan mengembangkan usaha untuk menjadi sumber penghasilan mereka. Kamu dapat memberikan pinjaman usaha untuk perempuan pelaku usaha melalui platform peer-to-peer seperti MEKAR.

MEKAR, platform pendanaan P2P online milik Putera Sampoerna, menghubungkan kamu dengan ribuan perempuan pelaku usaha kecil di 21 provinsi di Indonesia. Kamu dapat mendukung mereka dengan mendanai pinjaman usaha untuk mereka. Selain membantu perempuan Indonesia menjadi lebih berdaya, kamu juga bisa mendapatkan manfaat finansial berupa imbal hasil hingga 12,5% per tahun. 

Ketiga, mengikuti program ataupun kegiatan pemberdayaan perempuan yang diadakan oleh pemerintah setempat. Jika belum ada, kamu dapat mengajukan program tersebut kepada pemerintah daerahmu. Program pemberdayaan yang dapat kamu ajukan berupa program pelatihan, pemberian modal usaha, perluasan akses terhadap pelayanan sosial.

Keempat, menjadi relawan untuk memberikan penyuluhan kepada perempuan-perempuan di sekitar tempat tinggalmu yang belum dapat dijangkau oleh pemerintah setempat. Penyuluhan yang dapat kamu berikan seperti penyuluhan mengenai pendidikan, kesehatan, ataupun kewirausahaan.

Kelima, ikut berpartisipasi aktif dalam organisasi atau komunitas perempuan yang ada di kotamu. Dengan menjadi anggota organisasi tersebut kamu secara langsung memperjuangkan dan membela hak-hak perempuan melalui gerakan perempuan yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

Keenam, memberi donasi pada lembaga-lembaga sosial yang fokus pada isu-isu perempuan.  Donasi yang kamu berikan tidak hanya melulu soal uang, tetapi kamu juga bisa menyumbangkan waktumu untuk meringankan beban mereka.