Lakukan Ini untuk Mengendalikan Hasrat Makan Manis yang Berlebihan

Cara untuk Mengendalikan Hasrat Makan Manis yang Berlebihan
iSTOCK

Tidak bohong: tips ini mudah dipraktekkan.

Status hubungan manusia dan manis: kompleks. Benci tapi cinta. 

Ada banyak alasan mengapa kita terobsesi dengan yang manis-manis, dan para ilmuwan dan berbagai penelitian berusaha menganalisanya dari sisi evolusi,genetik, sampai psikologi. Dan perempuan disinyalir cenderung lebih suka dengan makanan manis—sesuatu yang ada kaitannya dengan hormon, terutama selama siklus menstruasi. Duh. Jadi, jika kita mengidam sesuatu yang manis itu bukan semata-mata karena kita "rakus", tapi memang ada penjelasan ilmiahnya. 

Akan tetapi, seperti yang kita tahu "terlalu banyak mengonsumsi gula" (disarankan untuk membatasi asupan gula sampai enam sendok teh per hari) itu tidak baik buat kesehatan—duh—apalagi, gula tambahan yang biasanya tersembunyi di produk cemilan cantik di sore hari. Untuk mengeliminasi hasrat makan manis yang berlebihan, Jessica Sepel, seorang nutrisionis, merekomendasikan beberapa tips sederhana ini. 

1. Makan Buah di Pagi Hari

Makan buah itu penting, dan sangat membantu mengontrol keinginan makan yang manis jika dikonsumsi di pagi hari. 

2. Makan Teratur 

Tiga kali sehari, plus dua kali ngemil; apabila memungkinmkan dalam waktu dan interval yang sama setiap hari. "Ini akan membuatmu kenyang dan tetap berenergi sepanjang hari," tulis Sepel. 

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran, Protein, dan Lemak Sehat

Seperti: daging merah, ayam organik, ikan, alpukat, minyak kelapa, sayuran hijau, gandum utuh, sayuran ber-glycemix index rendah seperti labu dan kentang manis. Nutrisi sehat ini membuatmu kenyang lebih lama sehingga mengurangi "kegatalan" tangan untuk meraup makanan manis. 

4. Tambahkan Air Lemon