Liburan ke Machu Picchu Semakin Sulit, Ini 5 Destinasi Penggantinya

Liburan ke Machu Picchu Semakin Sulit, Ini 5 Destinasi Penggantinya
ISTOCK

Liburan ala Indiana Jones. 

Apakah Machu Picchu berada dalam daftar "tempat wajib dikunjungi sebelum mati" milikmu? Kabar buruknya atas desakan Unesco yang deg-degan Machu Picchu akan hancur dan mungkin masuk ke dalam daftar "daerah terancam punah" karena turis dan selfie, per 1 Juli lalu diberlakukan aturan baru: yang boleh masuk ke dalam situs tersebut hanya mereka yang memiliki tour guide resmi, dan grup wisata hanya boleh berjumlah paling banyak 16 orang. Jam masuknya pun terbatas, hanya dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Dengan peraturan baru ini, pemerintah Peru berharap bisa mengontrol jumlah wisatawan sehingga situs tersebut tetap terjaga keutuhan dan keindahannya. 

Oleh karena itu, wajar rasanya mencari destinasi lain untuk liburan sebagai ganti Machu Picchu yang memiliki elemen Indiana Jones yang sama: peninggalan bersejarah, pemandangan alam luar biasa, dan butuh jalan berjam-jam. Kemanakah kita harus pergi? Menurut Bloomberg ini beberapa tujuan wisata yang juga dipenuhi dengan keajaiban-keajaiban dunia. 

1. KOTA HILANG DI KOLOMBIA

Reruntuhan kota di Sierra Nevada of Colombia ini diperkirakan berumur 1000 tahun, 650 tahun lebih tua dari Machu Picchu. Konon, di masa keemasannya, kota ini dihuni 10.000 penduduk, tapi dikalahkan oleh kekuatan hutan pada tahun 1970an. Ada dua pilihan untuk tiba ke atas kota di atas gunung yang dipenuhi pohon palem ini: jalan kaki selama lima hari, atau menyewa helikopter. 

2. KOTA KUNO DI MAROKO

Volubilis ibarat sebuah mesin waktu. Reruntuhan yang tersebar di ibukota kerajaan Mauritania ini berasal dari abad ke-3 SM, dan juga peninggalan dari berbagai era penjajahan mulai dari Romawi, Kristiani, Muslim, sampai Berber. 

3. ISTANA KASSAPA DI SRILANKA

Sejak perang sipil berakhir pada tahun 2009, negara ini (pelan tapi pasti) menjadi salah satu destinasi travel di Asia. Salah satu objek wisata yang sangat dibanggakan adalah istana Kassapa yang terletak di atas batu granit setinggi 600 kaki. Pahatan dengan bentuk singa raksasa ini memiliki dua pasang tangga: satu dipakai untuk menuju ke puncak, dan satunya lagi muncul dari mulut sang singa. 

4. PIRAMID DI SUDAN

Tahukah kamu bahwa Sudan memiliki piramid dua kali lebih banyak daripada Mesir? Meski pembangunan infrastruktur wisatanya masih dalam tahap awal, beberapa jasa wisata menyediakan paket enam hari perjalanan yang termasuk kunjungan ke piramid Meroe, reruntuhan candi di Soleb, dan sebuah monumen Mesir yang dipenuhi dengan hieroglifik. Namun yang menjadi atraktif utama adalah, padang pasir yang luas dan sangat sepi.