Lores Bonney, Wanita Inspiratif Dalam Sejarah Aviasi Dunia

Lores Bonney, Wanita Inspiratif Dalam Sejarah Aviasi Dunia
Lores Bonney (australiangeographic.com.au)

Sosok Lores Bonney memang telah dikenal sebagai pemegang rekor penerbangan. Seperti apa kisah hidupnya?

Satu lagi tokoh inspiratif untuk para wanita. Kali ini datang Australia, Maude Rose 'Lores' Bonney merupakan wanita yang berjasa dalam dunia penerbangan.

Lores merupakan panutan bagi penerbang wanita di seluruh dunia, setelah melakukan perjalanan solo 157 jam dari Australia ke Inggris pada tahun 1933.

Perjalanan yang memecahkan rekor tersebut tentunya memiliki bahaya yang besar. Ia harus terbang menembus badai, menghindari tabrakan antar pesawat, hingga berselisih dengan kawanan kerbau.

Lores Bonney (inews.co.uk)
Lores Bonney (inews.co.uk)

Lores menikah dengan pedagang kaya asal Australia bernama Harry Barrington Bonney. Sepupu Bonney, Bert Hinkler, adalah orang yang membawa Lores dalam penerbangan pertamanya pada tahun 1928.

Sesaat setelah mendapatkan lisensi pilot pribadinya, Lores mengambil kursus terbang. Melihat kemajuan sang istri, Bonney lalu membelikannya pesawat Gipsy Moth, yang oleh Lores dinamakan My Little Ship.

Cetak Sejarah Dunia

Pada 10 April 1933, Lores berangkat dari Brisbane, Australia untuk menyelesaikan perjalanan ke Inggris. Ia sempat menunda perjalanan itu kerena kecelakaan di awal-awal keberangkatan. Lores lalu melanjutkan penerbangan pada 25 Mei dan mendarat di Croydon, Inggris pada 21 Juni.

Seolah tak puas dengan torehan keberhasilannya ke London. Ia semakin mendorong batas, dengan menjadi orang pertama yang terbang solo dari Australia ke Afrika Selatan pada tahun 1937.

Lores Bonney (Getty)
Lores Bonney (Getty)

Prestasinya pun tak berhenti sampai di situ, karena Lores sempat menerima gelar doktor kehormatan dari Griffith University. Ia juga dikonfirmasi sebagai anggota Ordo Kerajaan Inggris dan Anggota Ordo Australia.

Berkat keberanian dan kisah inspiratif yang ia tularkan kepada banyak wanita, Google bahkan ikut merayakan hari kelahirannya lewat sebuah Doodle pada tanggal 20 November 2019. Semoga kita bisa meniru apa yang dilakukan oleh Lores ya ladies.

Selanjutnya: Nama Indonesia kembali harum di mata dunia, karena salah satu atlet difabelnya berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

Loading Facebook Comment ...