Lupakan Gym: Ada Cara Lain Agar Tetap Bugar dan Sehat

Lupakan Gym: Ada Cara Lain Agar Tetap Bugar dan Sehat
ISTOCK

Ada banyak jalan menuju Roma.

Olahraga tidak harus di gym. Terlebih jika, keanggotaanmu tidak dimanfaatkan dengan maksimal, alias datang hanya saat bulan purnama. Bagaimana jika dana keanggotaan itu ditransfer untuk membiayai hal lain yang lebih berguna—kursus bahasa asing, misalnya? 

Tujuan awal untuk menjadi anggota gym tersebut memang patut disaluti: berolahraga dan ingin sehat. Namun, jika secara waktu dan niat memang agak mustahil dieksekusi, lebih baik realistis dan temukan cara untuk mewujudkan niat tersebut tanpa merasa bersalah setiap kali melihat kartu anggota gym yang sudah berjamur. Oleh karena itu, WOOP sudah memilihkan aktivitas seru dan sehat, pengganti gym. 

CIPTAKAN KELOMPOK OLAHRAGA SENDIRI

Cara yang satu ini memang masih membutuhkan niat dan usaha, tapi sisi positifnya adalah tidak perlu menghabiskan duit sia-sia tiap bulan. Coba ajak teman, anggota keluarga, atau pasangan untuk membuat sebuah kelompok olahraga dan rencanakan sendiri jenis workout apa yang akan dilakukan. Pilih lokasi yang mudah dijangkau untuk semua anggota dan tentukan hari yang paling masuk akal untuk berkumpul dan berolahraga. Hanya bisa akhir pekan? Tidak masalah, karena para peneliti mengatakan bahwa mereka yang memadatkan semua jadwal olahraga hanya pada satu atau dua sesi di akhir pekan mendapatkan manfaat yang hampir sama dengan mereka yang lebih sering berolahraga.

BERGABUNG DENGAN TIM

Di gym, kamu melakukan olahraga sendiri dengan serius tanpa melihat kanan-kiri. Jika gaya ini membuat olahraga menjadi membosankan untukmu, cobalah untuk bergabung ke sebuah tim olahraga. Misalnya, sepak bola, basket, futsal, tenis, atau badminton. Selain sehat kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berbeda dan berkenalan dengan teman baru.

TRAVELING

Kata siapa traveling cuma bikin capek badan (dan menguruskan rekening bank)? Traveling bisa menyegarkan pikiran dan menyehatkan. Saat kamu traveling, biasanya kamu akan sering berjalan kaki, dan ini merupakan salah aktivitas paling mudah untuk tetap bugar. Ada banyak penelitian yang membuktikan kehebatan berjalan. Para peneliti di University of Pittsburgh mengatakan bahwa mereka yang mengalami kelebihan berat badan yang berjalan kaki selama 30 sampai 60 menit setiap hari akan berkurang berat badannya bahkan ketika gaya hidup mereka tidak berubah.

Tidak usah jauh-jauh, kamu bisa berkeliling kota, datang ke museum, atau ke taman-taman kota. 

HIKING