Lupakan Sit-Ups, Gerakan Ini Jauh Lebih Efektif untuk Mengencangkan Perut

Lupakan Sit-Ups, Gerakan Ini Jauh Lebih Efektif untuk Mengencangkan Perut
ISTOCK
Lupakan Sit-Ups, Gerakan Ini Jauh Lebih Efektif untuk Mengencangkan Perut

Bocoran dari Harvard.

Kamu sudah melakukan jatah sit-ups dan crunches-mu hari ini, menatap perut, menyentuhnya dan berdoa dalam hati "semoga cepat rata." Amin. Dua gerakan tersebut memang legendaris untuk bagian abdomen, tetapi para ilmuwan di Harvard Medical School mengatakan bahwa ada cara lain yang lebih baik untuk mewujudkan ambisimu itu. Huh-uh, jangan pesimis dulu, gerakan ini tidak membutuhkan peralatan apa pun dan bisa dilakukan di mana pun—hanya butuh dirimu dan niat. Menurut buletin Harvard Health, latihan terbaik untuk mengencangkan bagian tengah tubuh adalah... plank. Yes, sesederhana itu. 

Bagi yang baru kali ini mendengar istilah ini, plank adalah sebuah posisi tepat sebelum push-up di mana kamu menggunakan bagian tengah tubuhmu untuk menstabilkan badan dan pada saat yang bersamaan menahan tubuh dengan kedua tangan tepat berada di bawah bahu, sementara kedua kaki bisa merapat atau sedikit melebar. Bagian punggung harus tetap lurus, sementara perut menahan bagian depan untuk tidak jatuh atau melengkung. Menurut Healthbeat, gerakan ini melibatkan berbagai grup otot yang berbeda dibandingkan dengan crunches biasa. 

Mari membandingkannya dengan sit-ups. Publikasi ini menjelaskan bahwa sit-up bisa terlalu intens untuk punggung. Ketika melakukannya, kita mendorong lengkungan tulang belakang jauh dari lantai sementara bagian fleksor panggul (otot-otot mulai dari paha sampai bagian bawah pinggang). Dan ketika fleksor itu, "terlalu kuat atau terlalu kencang, mereka menarik tulang belakang bagian bawah, sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamanan di daerah tersebut," tulis Healthbeat. Nah, plank tidak akan mengakibatkan hal sama ketika dilakukan dengan benar, sehingga terbilang lebih aman. 

Oh, masih ada lagi kelebihan plank, yakni melibatkan lebih banyak otak. Begini ceritanya: ketika sedang mempraktikkan pose plank, kamu sedang menggunakan otot-otot bagian depan, samping dan belakang tubuh, tidak hanya otot perut seperti pada sit-ups atau crunches. Dan tidak hanya digunakan bersamaan, tapi semua otot itu harus bekerja bersama untuk menghasilkan pose yang benar. Itulah sebabnya dikatakan plank jauh lebih efektif dibandingkan dua gerakan lain itu yang mengencangkan hanya beberapa grup otot. "Dengan pola gerakan yang dinamis, latihan bagian tengah tubuh seperti plank dapat menguatkan seluruh otot utama yang kamu gunakan setiap hari." 

Berminat mencobanya? Sebagai permulaan, cobalah untuk menahan posisi plank selama 30 menit detik, lalu kembangkan. Ketika sudah siap untuk melakukan sesuatu yang lebih menantang, coba side planks dan hip dips

Konsisten, ya! Lalu, jangan lupakan juga untuk melakukan tiga perubahan ini dalam hidupmu agar perut tidak semakin membuncit.