Hari Kopi Sedunia! Ini 7 Manfaat Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

Hari Kopi Sedunia! Ini 7 Manfaat Kopi yang Perlu Kamu Tahu
Manfaat Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

Kopi dapat memberikan manfaat tidak hanya ketika diminum, lho! Yuk cari tau apa saja manfaat lain dari kopi!

Tanggal 1 Oktober lalu menjadi peringatan Hari Kopi Internasional yang sudah dirayakan setiap tahun sejak tahun 2015. Pecinta kopi pasti sudah tau, kan? Tetapi apakah kamu juga tau, ternyata kopi memiliki banyak manfaat yang berguna, lho! Kopi tidak hanya memberikan manfaat ketika diminum, tetapi kopi itu sendiri juga memiliki berbagai manfaat lain yang sudah Woop rangkum di sini!

Manfaat Minum Kopi

1. Menurunkan berat badan

Manfaat Minum Kopi - Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Sebagian besar orang biasanya merasa kenyang setelah meminum kopi. Ini merupakan salah satu manfaat kafein yang dapat membantu menekan nafsu makan. Walaupun dapat membantu diet, sebaiknya kamu mengimbangi kafein yang masuk ke dalam tubuh dengan makanan sehat yang bernutrisi agar tubuh kamu tidak terasa lemas.

2. Meningkatkan stamina

Manfaat Minum Kopi - Meningkatkan stamina
Meningkatkan stamina

Kandungan kafein dalam kopi bisa membantu tubuh menyimpan energi saat berolahraga. Jadi, sebaiknya minum kopi dahulu sebelum berolahraga, agar pada saat berolahraga kamu memiliki stamina dan performa yang stabil sehingga tidak mudah merasa lelah.

3. Mencegah kanker

Manfaat Minum Kopi - Mencegah kanker
Mencegah kanker

Kopi memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan kanker liver. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa wanita yang rutin meminum kopi sebanyak dua kali sehari mengalami penurunan risiko kanker usus besar sebanyak 25 persen.

Baca juga: Inilah 5 Rekomedasi Kopi Kekinian di Jakarta

Manfaat Lain Kopi

1. Penghilang bau kaki

Manfaat Lain Kopi - Penghilang bau kaki
Penghilang bau kaki

Kandungan antioksidan dalam biji kopi dapat menghilangkan bau tidak sedap, termasuk bau membandel seperti bau kaki. Caranya, rendam kaki pada air hangat, kemudian gosokkan kaki dengan menggunakan campuran bubuk kopi dan minyak kelapa.

2. Penetral aroma

Manfaat Lain Kopi - Penetral aroma
Penetral aroma

Pernah melihat wadah yang berisi biji kopi di toko-toko yang menjual parfum? Kopi memiliki daya menyerap aroma atau daya untuk menetralisir aroma, termasuk menetralisir aroma yang sering membuat kepala menjadi pusing.

3. Lilin aromaterapi

Manfaat Lain Kopi - Lilin aromaterapi
Lilin aromaterapi

Jika kamu merasa bosan dengan bau lilin aromaterapi yang itu-itu saja, kopi yang wangi juga dapat dijadikan sebagai lilin aromaterapi. Caranya, gunakan biji kopi bekas dengan beberapa sisa lilin. Aroma kopi yang wangi juga sekaligus dapat membuat rileks.

4. Masker wajah

Manfaat Lain Kopi - Masker wajah
Masker wajah

Kopi dapat membantu mengencangkan kulit. Banyak orang yang menjadikan bubuk kopi sebagai masker wajah. Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan madu dan yoghurt agar hasilnya semakin maksimal.

Selanjutnya: Ternyata masker kopi banyak manfaatnya lho, salah satunya untuk mencegah kanker kulit.

Loading Facebook Comment ...