Hidup Lebih Sehat, Menjaga Kebersihan Rumah Merupakan Tanggung Jawab

Menjaga Kebersihan Rumah Merupakan Tanggung Jawab
Menjaga Kebersihan Rumah Merupakan Tanggung Jawab

Rumah yang nyaman mampu memberikan kehangatan bagi setiap anggota keluarganya. Makadari itu mulai menjalankan tanggung jawab dirumah!

WOOP.ID - Keluarga memang wajib menjaga kebersihan rumah, mau di dalam ataupun di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Namun masih banyak lho orang yang tinggal di dalam rumah yang kotor dan enggak terlalu peduli akan hal itu. Padahal, karena hal tersebut mudah banget untuk mengundang virus, kuman, dan hama penyakit seperti tikus dan kecoa. Karena hal-hal tersebut mudah banget menyebar penyakit seperti demam berdarah, tifus dan diare. Kesehatan enggak ternilai harganya terkadang pada saat kita sehat, kita lupa nikmat sehat tersebut. Dan pada saat ketika sakit, baru deh sadar dan merasakan kalau kesehatan itu memang berharga banget.

Ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di rumah mulai dari membuat jadwal rutin untuk membersihkan rumah sampai tren memakai jasa pembersihan online. Namun memang jika memakai jasa pembersihan rumah online lebih mengeluarkan uang yang lebih besar setiap minggunya dibandingkan membersihkan sendiri alias lebih rugi. Kalau bisa sendiri kenapa enggak?

Selain itu, keluarga juga harus menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti susu, telur, buah-buahan dan roti. Selain itu juga harus rajin berolahraga ringan setidaknya seminggu sekali.

Nah, untuk menciptakan suasana rumah yang bersih, sehat dan rapi, berikut ini beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan rumah yang gampang banget dan efektif untuk kamu!

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Yang Merupakan Tanggung Jawab

1. Wajib Membuat Himbauan

Wajib Membuat Himbauan
Wajib Membuat Himbauan

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah yang bisa banget kamu lakukan adalah membuat himbauan baik dan tegas untuk penghuni rumah ataupun tetangga.

Baca juga: Ini Untung dan Rugi Memiliki Hunian di Perumahan Bersubsidi

Dengan adanya himbauan ini jelas secara enggak langsung akan lebih tegas lagi membuat lebih bersih, tertata rapi, jadi suasana tempat tinggal juga akan selalu bersih dan enak dipandang mata.

2. Sedia Tempat Pembuangan Sampah Yang Banyak di Rumah

Sedia Tempat Pembuangan Sampah Yang Banyak di Rumah
Sedia Tempat Pembuangan Sampah Yang Banyak di Rumah

Rumah yang bersih ya tentu bebas dari sampah berserakan. Nah, oleh karena itu cobain deh sediakan tempat pembuangan sampah disetiap ruangan, sudut dan pintu utama yang tersedia dua jenis tempat sampah berbeda sesuai dengan sampahnya, seperti organik dan anorganik.

Terdapat tempat sampah disekitaran rumah memang penting banget, karena akan memudahkan penghuninya yang ingin membuang sampah. Pengelolanya pun harus pintar juga, jangan sampai sampah menumpuk di tempat sampah yang jadinya akan memberikan bau enggak sedap di rumah.

3. Membuat Jadwal Kegiatan Kerja Bakti Rutin di Rumah

Membuat Jadwal Kegiatan Kerja Bakti Rutin di Rumah
Membuat Jadwal Kegiatan Kerja Bakti Rutin di Rumah

Mempunyai rumah di perumahan berarti kamu tinggal berdampingan dengan tetangga, jangan sampai tetangga memiliki rumah yang bersih dan kamu malah enggak peduli dengan lingkungan rumah kamu. Oleh karena itu jaga lingkungan rumah untuk tetap bersih menjadi tanggung jawab bersama.