Mereka yang Sukses Melakukan Ini Setiap Senin Pagi

Mereka yang Sukses Melakukan Ini Setiap Senin Pagi
ISTOCK

I hate almost love Monday.

Ada alasan kenapa istilah 'I hate Monday' tetap sulit dijungkirbalikkan atau dibuat positif. Tidak peduli sehebat atau sebanyak apapun hashtag #Monday di media sosial agar kita dengan hati (lebih) riang dan wajah senang menyambut satu pagi itu, Senin tetap saja Senin. Kasarnya, mungkin hanya orang-orang yang bergaji lebih dari delapan digit yang semangat ke kantor setelah Sabtu-Minggu berada dalam 'denial zone'. 

Sialnya, Senin menjadi salah satu faktor penentu apakah hari-hari setelahnya bisa dilalui dengan selamat dan sehat. "Karena kamu libur selama dua hari, pagi hari saat harus kembali bekerja ini merupakan momen paling menentukan untuk sisa minggu itu," kata Lynn Taylor, seorang ahli karir dan penulis buku Tame Your Terribel Office Tyrant, kepada Business Insider. "[Waktu pagi di hari Senin] mempengaruhi pandanganmu entah itu dalam arti positif atau negatif, tergantung pada kegiatan-kegiatan apa yang kamu lakukan." Menurutnya, kebiasaan seperti inilah yang bisa membuat Senin pagimu, bukan hanya tertahankan tapi menyenangkan. Mustahil? Ada alasan kenapa pepatah 'Banyak omong, coba aja dulu' terbukti mumpuni dari abad ke abad.   

1. BANGUN PAGI 

Tahap pertama ini pasti sulit—apalagi jika malam sebelumnya kamu baru memejamkan jam 2 pagi lewat 15. Oleh karena itu, kunci awalnya adalah tidur awal pada Minggu malam. Menurut Michelle Obama, Tim Cook, dan Martha Stewart, Senin pagi harus dimulai antara pukul 3 dan 6 pagi untuk membuatmu bersemangat. Dan jika tips ini bagus untuk mereka, sepertinya memang harus dicoba. Namun, ketika kamu tetap memeluk bantal bahkan setelah alarm berbungi untuk ketiga kalinya, tanya pada diri sendiri: Apakah saya akan merasa lebih baik atau buruk saat terlambat 20 menit datang ke kantor?

2. OLAHRAGA 

Menurut Taylor, mengunjungi gim sebelum atau sesudah kerja merupakan salah satu cara terbaik untuk memulai minggu dengan perspektif positif. Tidak hanya menyehatkan mental, tapi olahraga juga menyebabkan sirkulasimu aktif dan membantumu merasa lebih siap dan semangat. 

3. RAPIKAN

Sejatinya kamu sudah melakukan ini—merapikan meja dan menyusun agenda—pada Jumat sore. Namun, jika belum, lakukan hal ini begitu tiba di kantor, "kalau tidak stres di hari Senin akan lebih parah karena semuanya berantakan." 

4. RAMAH 

Susah memang bertingkah layaknya manusia berhati baik pada Senin pagi. Rasanya ingin memakai kacamata hitam sepanjang hari dan tolong, jangan ditegur atau disapa sampai hari itu berlalu. Namun Taylor menyarankan agar kita tetap menyapa teman sekantor dan sopan. "Idealnya, kamu sebaiknya menghabiskan beberapa menit ekstra untuk bersama kolegamu di setiap Senin pagi. Hal itu akan memperkuat motivasi dan rasa kebersamaan untuk setiap orang, termasuk dirimu," tambahnya.

HALAMAN
12