Mulai Sekarang: Lakukan Angkat BebanIni Akan Membuat Suasana Hatimu Lebih Baik

Mulai Sekarang: Lakukan Angkat BebanIni Akan Membuat Suasana Hatimu Lebih Baik
ISTOCK

Antidepresan alami.

Satu hal yang perlu kamu lakukan mulai dari sekarang saat di gim: dekati barbel atau peralatan angkat beban lainnya—dan coba. Jangan takut dengan mitos bahwa benda-benda berat tersebut akan membuatmu seperti Mike Tyson dalam waktu semalam, atau itu hanya untuk "bro" bukan "sis". Pasalnya, sebuah studi baru mengatakan bahwa angkat beban bisa jadi merupakan jenis olahraga yang paling bermanfaat dalam untuk depresi. 

Studi diterbitkan di JAMA Psychiatry ini merupakan salah satu penelitian komprehensif pertama yang mengeksplorasi efek antidepresan dari latihan kekuatan. Selama ini yang kita tahu adalah olahraga tipe tersebut bisa meningkatkan kualitas tidur dan bahkan mengurangi level kecemasan. Selebihnya, masih misteri—tapi sekarang makin terkuak manfaat latihan angkat beban. 

Hasil terbaru ini didapatkan dari berbagai percobaan acak, yang melibatkan para partisipan dengan berbagai kondisi kesehatan. Dalam penelitian ini, grup yang dikontrol—mereka yang memiliki rutinitas olahraga rutin dan yang tidak—merupakan fondasi krusial untuk menentukan awal gejala-gejala depresif sebelum dan selama studi, yakni saat mereka diminta untuk melakukan latihan angkat beban. 

Kesimpulannya: latihan kekuatan ini memberikan efek positif terhadap gejala-gejala depresif. Lalu, apakah jumlah latihan, gender, atau usia mempengaruhi hasilnya? Para peneliti percaya bahwa frekuensi latihan tidak memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan mental. Artinya. jika kamu melakukannya hanya tiga kali seminggu pun, tetap akan membuat hati dan pikiranmu lebih baik. Sama halnya dengan usia, para partisipan lebih muda mengalami penurunan gejala yang sama dengan partisipan paruh baya dan mereka yang sangat senior. 

Dan seandainya kamu khawatir tentang kemampuanmu yang sangat ala kadarnya itu—tidak perlu: studi ini menyimpulkan kekuatan lebih tidak memiliki korelasi dengan penurunan depresi. Dengan kata lain, yang paling penting adalah muncul di gim dan melakukannya sebaik mungkin. 

Meskipun publikasi ini belum bisa sepenuhnya menjelaskan bagaimana bisa olahraga mempengaruhi kesehatan mental, tapi sepertinya sangat jelas bahwa latihan angkat beban memiliki banyak manfaat. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com