Panduan Terbang Nyaman Bersama Si Kecil

Panduan Terbang Nyaman Bersama Si Kecil
ISTOCK

Ketahui sebelum membeli tiket pesawat.

Mudik. Dengan pesawat. Membawa anak kecil. Phiuuh. Beberapa orangtua yang sensitif menganggap ini sebuah "tes" atas kehandalannya sebagai orangtua. Membayangkan tatapan sebal, tajam, kritis dan seperti ingin mengatakan "Orangtua macam apa sih, kok nggak bisa mendiamkan anaknya" saat si kecil menangis, semakin membuat tertekan dan cemas bahkan sebulan sebelum jadwal penerbangan. Dari jauh-jauh hari, ibu (entah kenapa terkadang hanya ibu yang memikirkan hal ini, seharusnya si ayah juga ambil bagian) memikirkan bagaimana caranya agar si kecil nyaman dan tetap tenang (hampir) di sepanjang perjalanan, dan tidak membuat orangtua jadi pusat perhatian. Untuk mempermudah hidupmu, WOOP mengumpulkan beberapa tips agar membuat 1-2 jam tersebut tidak setegang berada di ruang melahirkan. 

daihatsu banner

Dan untuk para penumpang yang sering memberikan tatapan mematikan kepada orangtua yang mengalami situasi rumit dengan anaknya, please keep reading your free newspaper because that's what they are for

  • Membuat Strategi Jadwal Penerbangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat strategi, yakni mencari jadwal penerbangan yang sesuai dengan jam tidur si kecil. Kalau memang akan menempuh jarak yang jauh, penerbangan malam sangat ideal untuk dipilih. Intinya, gunakan jam tidur anak sebagai referensi jam penerbangan. 

  • Bawa Mainan dari Rumah

Beberapa maskapai terkadang menyiapkan mainan atau buku untuk anak-anak. Namun, pastikan bawa sendiri di rumah beberapa mainan favoritnya (boneka, mobil-mobilan, buku mewarnai, buku cerita, dsb) untuk membuatnya nyaman, senang, dan memiliki kegiatan selama penerbangan. Manfaatkan juga fasilitas hiburan yang disediakan dengan memilih bersama si kecil film yang ingin ditontonnya. 

  • Jadikan Bandara Tempat Bermain

Saat sampai bandara, hal yang harus kita lakukan ialah membiarkan si kecil bermain. Carilah area bermain atau kita juga bisa membuat tempat bermain mini yang tidak mengganggu penumpang lain di dalam ruang tunggu bandara.

  • Berikan Minum Ketika Pesawat akan Lepas Landas

Saat sudah di dalam pesawat dan sebentar lagi akan tinggal landas, akan terjadi perubahan tekanan udara hal yang kemungkinan besar akan membuat telinga si kecil tidak nyaman. Berikan si kecil minum maupun makanan, karena ini bisa membantu meringankan tekanan. Kalau kamu sedang menyusui, ini saat yang tepat untuk melakukannya.

  • Bawa Makanan Sendiri

Jangan salah kaprah, makanan yang diberikan dalam pesawat memang enak. Namun, ada baiknya membawa cemilan kecil favoritnya, termasuk susu dan susu formula untuk bayi. 

  • Siapkan P3K

Memang, hal ini jarang terpikirkan, tapi sangat disarankan untuk dipraktekkan mulai dari sekarang. Untuk berjaga-jaga apabila si kecil sakit, coba masukkan antibiotic, minyak kayu putih, salep, plaster, dsb, ke dalam daftar "barang yang harus dibawa selama liburan".

Shop From Our Partner Cathaofficial.com