Perbedaan Cara Meriahkan Imlek di Indonesia & 4 Negara Lainnya

Perbedaan Cara Meriahkan Imlek di Indonesia & 4 Negara Lainnya
ISTOCK

Gong Xi Fa Cai. Selamat Tahun Baru Imlek. Ternyata negara-negara ini juga ikut merayakan Imlek dengan sangat meriah lho.

Selain warna merah, biasanya hujan akan turun saat Imlek. Etnis Tionghoa biasanya mengharapkan datangnya hujan tepat di hari imlek, karena dipercaya bisa membawa rejeki dan berkah. Itulah salah satu hal yang ada di Indonesia saat perayaan Imlek datang. Tentunya beda di Indonesia, beda juga di dunia dalam merayakan Imlek. Masyarakat etnis Tionghoa banyak tersebar di berbagai belahan dunia. Seperti perayaan hari besar lainnya, perayaan Tahun Baru Imlek juga identik dengan berbagai tradisi kebudayaan yang unik yang berbeda di setiap negara.

BEIJING, CHINA

img

Yep, perayaan Imlek di China adalah gabungan antara budaya tradisional dan modern. Gabungan dari dua budaya tersebut biasanya dikenal dengan Temple Fairs. Biasanya acara tersebut diadakan pelaksanaan ritual keagamaan di semua kuil. Selain Temple Fairs, ada pula Karnaval Spring Festival, Peking Opera, pertunjukan akrobat dan acara minum teh.

LONDON, INGGRIS

img

Inggris juga ikut merayakan Imlek dengan sangat meriah. Dimulai dengan parade di pusat kota London, kemudian diikuti oleh festival di Trafalgar Square. Festival ini menamplkan penari, akrobat, seniman bela diri, musisi dan sejumlah artis dari China untuk menghibur masyarakat yang datang.

KOREA SELATAN

img

Di Korea, Imlek disebut dengan Seollal. Masyarakat di Korea biasanya merayakan Seollal untuk menghargai tradisi budaya dan kuliner Korea seperti menggunakan Hanbok (pakaian tradisional), melakukan ritual leluhur, memainkan permainan tradisional, dan mendengarkan cerita rakyat kuno, serta menikmati makanan khas yang biasa ada selama Seollal yaitu Tteokguk (sup kue beras), Galbi Jjim (iga pendek yang direbus) dan Jeon (pancake Korea).

INDONESIA

img

Sebagai salah satu negara dengan etnis Tionghoa terbanyak, Indonesia juga ikut merayakan Imlek. Banyak ritual dan festival dengan dekorasi serba merah yang ada di Indonesia. Plus, jangan lupa untuk menonton atraksi barongsai, dan menikmati kue keranjang, serta angpao.

VIETNAM

img

Perayaan Imlek di Vietnam dikenal dengan nama ‘Tet’. Perayaan ini melambangkan harapan keberuntungan dan awal yang baru di tahun mendatang. Dengan menyajikan makanan Mam Ngu Qua (nampan lima buah), bunga dan tanaman seperti pohon persik berbunga, perayaan ini berlangsung selam 3 hari bahkan seminggu.

Selanjutnya: tampil berbeda saat Imlek dengan rekomendasi lipstik merah pilihan Woop

Loading Facebook Comment ...