Pilihan Cat Warna Paling Tepat untuk Setiap Ruangan di Rumah

Pilihan Cat Warna Paling Tepat untuk Setiap Ruangan di Rumah
ISTOCK

Menurut sains. 

Memilih warna cat rumah bisa menjadi sesulit memilih pasangan hidup. Jika salah, bukannya jadi selera makan, tapi cat dapur membuatmu ingin muntah dan lari ke kamar mandi terdekat. Namun, ada satu faktor yang bisa membantumu untuk memilih warna yang tepat: sains.

Sally Augustin, seorang psikologis dan pemimpin perusahaan Design with Science, dalam sebuah artikel Purewow menyarankan beberapa pilihan warna untuk ruangan di rumah yang memberikan efek positif.

  • Untuk Dapur: Coba Poppy atau Cobalt

Yang satu ini agak sulit karena semuanya tergantung dengan efek yang ingin dicapai. Warna lebih hangat, lebih pekat seperti merah dan oranye bisa menstimulasi selera makan—tapi jika kamu ingin menahan keinginan untuk selalu menyerbu kulkas, biru adalah solusinya. Apapun tujuanmu, dapur adalah satu ruangan dimana warna pekat, dan vibran bisa berfungsi dengan baik: atmosfer yang lebih energetik biasanya sangat membantu saat akan membuat sarapan.

Hindari: Greenish Yellow

Menariknya, kuning biasanya merupakan warna paling tidak disukai di seluruh dunia, tapi seringkali menjadi favorit untuk dapur. Namun, saat ditambah dengan unsur hijau, suasananya akan membuatmu ingin muntah.

  • Untuk Kamar Tidur: Coba Dusty Blue

Pada umumnya kita mengganggap warna biru sebagai simbol ketenangan dan waktu istirahat (bisa jadi karena asosiasinya dengan warna langit dan air). Pastikan agar warnanya tidak terlalu pekat dan agak terang untuk hasil yang lebih maksimal.

Hindari: Ungu

Mungkin secara lingkaran warna, ungu dekat dengan biru tapi konon bisa menurunkan kualitas tidur.

  • Untuk Kantor di Rumah: Coba Sage Green

Hijau sering kali diasosiasikan dengan pemikiran kreatif, dan kondisi terbaik mental saat bekerja. Kemungkinan disebabkan karena hijau mengingatkan kita akan alam, yang bisa berefek membersihkan pikiran. Warna hijau yang tidak terlalu pekat direkomendasikan untuk ruangan ini, karena tidak akan membuat kita hiperaktif.

Hindari: Merah