Pameran Fotografi Wanita Tanpa Make-Up, Bentuk Kampanye Skin Positivity

Potret Fotografi Wanita yang Mengampanyekan Gerakan Positif
Pameran Fotografi Epidermis

Pamerkan foto wanita tanpa make-up, fotografer asal Inggris, Sophie Harris-Taylor, ingin bangkitkan rasa percaya diri perempuan.

Tak bisa dipungkiri, tekanan sosial merupakan alasan perempuan mudah merasa insecure dengan penampilannya. Meskipun sudah banyak kampanye yang mendukung para wanita untuk lebih percaya diri, hal itu nyatanya tak kunjung membuahkan hasil.

Melihat fenomena tersebut, fotografer asal London, Sophie Harris-Taylor, membuat sebuah proyek untuk menunjukkan kecantikan asli wanita dan segala sesuatu yang menyertainya.

Bernama "Epidermis", seri foto milik Harris-Taylor tersebut memiliki pesan yang cukup mendalam. Menampilkan potret 20 wanita tanpa polesan make-up, foto-fotonya menunjukkan wanita dengan berbagai kondisi kulit, mulai dari jerawat, rosacea, eksim, dan radang kulit.

Melansir dari Insider, Harris-Taylor memberikan alasan dibalik proyek fotografi "Epidermis", gerakan skin positivity, serta bagaimana pamerannya mampu mengubah banyak perspektif.

"Aku pernah merasa terpuruk dan tidak percaya diri, dan dulu media sosial belum sepopuler ini. Semua yang kau lihat berasal dari majalah dan film, dan semua orang tampak sempurna dengan kulit mulus mereka," ucapnya menjelaskan kondisi yang juga sempat dialaminya.

Baca juga: Lewat Cara Sederhana, Ibu Ini Sembuhkan Kecanduan Gadget Pada Anaknya

Meskipun kini sudah banyak brand yang menggunakan model dengan kondisi kulit bermasalah, hal itu masih belum cukup menurut Harris-Taylor. "Masih sedikit sekali representasi itu di media. Hal ini seolah menunjukkan bahwa kulit seseorang harus benar-benar mulus tanpa celah," lanjutnya.

Ia juga menyinggung masalah penggunaan filter di media sosial yang semakin memberikan ilusi dan membuat rasa insecure justru menular. "Banyak orang berlindung dibalik makeup dan filter tersebut," ungkapnya.

Baginya yang juga memiliki kondisi kulit berjerawat, ia ingin membuat representasi sejujur mungkin kepada publik tentang kondisi kulit para wanita.

Ia ingin para wanita dengan kulit bermasalah dianggap sebagai orang yang normal dan hal itu tak lagi dianggap tabu bagi publik. "I wanted to celebrate skin," tutupnya dengan bersemangat.

Bagi kamu yang ingin melihat koleksi foto dalam pemeran "Epidemis", bisa langsung mengunjungi akun Instagram @francescamaffeogallery. Semoga dengan ini, banyak wanita semakin terinspirasi dan percaya diri untuk menunjukkan kondisi kulit mereka. Yuk tulis tanggapanmu, ladies!

Selanjutnya: Berjuang melawan obesitas memang tak mudah. Selain menjaga kondisi kesehatan dengan ketat, kita juga harus melawan cibiran dari orang-orang.

Loading Facebook Comment ...