Ini Kenapa Pria Lebih Cepat Kurus Dibanding Perempuan

Ini Kenapa Pria Lebih Cepat Kurus Dibanding Perempuan
iStock

Kamu juga merasakan hal ini? Kenapa ya pria lebih cepat kurus dibandingkan perempuan? Ayo kita simak!

Kebanyakan orang berpikir bahwa pria memiliki keuntungan dalam hal penurunan berat badan. Bahkan setelah mengikuti diet dan olahraga yang sama, pria cenderung menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan perempuan. Namun apakah ini benar atau hanya ada di kepala kita saja?

ilustrasi
ilustrasi

Berdasarkan survei, ya memang benar bahwa pria bisa menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan perempuan. Itu karena beberapa alasan…

Sesuai penelitian terbaru, perempuan lebih terobsesi dengan makanan dibandingkan pria. Ditemukan bahwa sekitar 25% perempuan yang melakukan diet penurunan berat badan memikirkan makanan setiap setengah jam. Apa kamu salah satunya? Ayo ngaku!

ilustrasi
ilustrasi

Ada juga alasan lainnya, perempuan memang secara emosional memiliki ‘hubungan erat’ dengan makanan sedangkan pria tidak. Penelitian lain yang diterbitkan dalam buku Conquering Heart Attack & Stroke merujuk pada studi pemindaian otak, di mana para peneliti menyimpan makanan lezat di depan pria dan wanita yang belum makan selama sehari. Kemudian para peneliti meminta mereka untuk melawan rasa laparnya.

Ditemukan bahwa otak pria merespon kurang aktif dalam hal pengaturan emosi, memori, dan motivasi dibandingkan dengan perempuan. Bagi pria, mudah mengendalikan keinginan mereka akan makanan favoritnya. Selain itu, pria memiliki metabolisme tubuh yang lebih cepat. 

istock
istock

Metabolisme rata-rata pria 5% hingga 10% lebih tinggi dibanding perempuan, dengan berat dan tinggi yang sama. Ini karena pria memiliki otot lebih ramping daripada perempuan. Hal tersebut membantu pria membakar lebih banyak kalori.

Lalu apa yang kita pelajari dari penelitian ini?

Perempuan disarankan untuk mengendalikan emosional terhadap makanan saat mencoba menurunkan berat badan. Seperti jika kamu mengalami hari yang buruk, larinya ke makanan. Ini akan menghambat rencana penurunan berat badanmu, ladies…

Selanjutnya: kamu mengalami Monday blues? Lakukan hal ini setiap Senin ya…

Shop From Our Partner Cathaofficial.com