Food Review: Homemate Ice Bar, Darmawangsa

Food Review: Homemate Ice Bar, Darmawangsa
WOOP.ID

Satu hal yang tak terlupakan adalah konsistensi es yang sangat halus—benar-benar halus sehingga langsung meleleh dengan sempurna

Rating
  • overall

Lokasi:  Pelaspas Dharmawangsa, Jalan Dharmawangsa Raya No. 4 Jakarta Selatan

Harga: ± Rp. 100.000 (dua porsi)

Saat di duduk di bangku sekolah dulu, setiap jam pelajaran usai, dengan kondisi perut lapar dan keringat yang berjatuhan, satu-satunya yang ada di pikiran adalah es serut di depan sekolah. Membayangkan kesegaran dan warna-warni sirupnya bisa membuat air liur berjatuhan dan bercampur dengan keringat.

Ketika sudah dewasa seperti ini, es serut masih saja memiliki efek yang sama. Meski kali ini, jenis es serut yang dinikmati adalah berasal dari Jepang (kakigori) di sebuah gerai kuliner bernama Homemateyang baru mulai beroperasi sejak September tahun lalu. Jika saat masih kecil, “interiornya” adalah jalan raya dan debu, kali ini di Homemate kita dikelilingi oleh dinding putih nan bersih dengan meja dan kursi kayu, tanaman dan ruangan yang sejuk dengan konsep layaknya sebuah bar.

Homemate menyajikan beberapa pilihan rasa untuk shaved ice dessert mereka. WOOP mendapatkan kesempatan untuk mencoba dua rasa: blue moon lychee mint (salah satu yang menjadi favorit) dan coffee crush kakigori (merupakan rasa baru). Begitu dipesan, staf membuatkannya di dalam sebuah bilik tertutup yang memang sengaja dikondisikan seperti itu untuk menjaga sterilisasi dan terutama, kerahasiaan resep yang dimiliki oleh sang pemilik.

Besar. Itu kata pertama yang muncul dibenak WOOP saat pertama kali melihat porsi es serut tersebut. Kata berikutnya: menggoda. Dengan alasan kalau tidak langsung dimakan akan meleleh, WOOP langsung mencoba keduanya. Bagi penyuka manis, blue moon lychee mint pasti membuat lidah meleleh, sementara coffee crush akan menjadi favorit mereka yang terobsesi dengan kopi. Selain perpaduan rasa (semua bahan dipakai adalah alami) dan kesegaran, satu hal yang tak terlupakan adalah konsistensi es yang sangat halus—benar-benar halus sehingga langsung meleleh dengan sempurna di dalam mulut. Saat WOOP bertanya, “Kok bisa begini”, sang pemilik hanya berkata, “rahasia,” sambil tersenyum. Oh, well, it’s OK, but WOOP can’t keep this place as secret so please do try