Sah! Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Berada di Kalimantan Timur

Sah! Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Berada di Kalimantan Timur
Dok. Instagram @jokowi

Akhirnya, Indonesia mempunyai Ibu Kota baru yaitu Kalimantan Timur. Mari kita ucapkan: selamat!

Setelah berita yang simpang siur dan lamanya menunggu kepastian tepat hari Senin (26/08/2019) pukul 13.00 WIB, Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi perpindahan Ibu Kota di Istana Negara, Jakarta.

Secara live streaming di akun Youtube resmi milik Sekretariat Presiden, Jokowi menilai bahwa hal ini sangat penting untuk diumumkan sekarang juga. Alasannya karena tidak bisa terus menerus membuat semua orang menunggu tanpa kepastian dan menahan beban Jakarta dan Pulau Jawa dalam hal kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas, dan bahaya akan polusi udara.

Presiden Jokowi menyatakan lokasi ibu kota baru terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di dua kabupaten yakni Kutai Kertanegara  dan Penajam Paser Utara. Pemindahan ibu kota negara ini setelah melakukan kajian matang.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur, " kata Jokowi.

Selain lokasinya strategis berada di tengah-tengah Indonesia, Kalimantan juga berdekatan dengan wilayah Balikpapan dan Samarinda yang memang sudah berkembang dan memiliki risiko rendah terhadap bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor. Namun, proses pemindahan Ibu Kota baru tidak akan secepat itu, karena baru akan selesai pada tahun 2020 dan dibutuhkan dan kurang lebih Rp466 triliun—yang nantinya 19% dananya berasal dari APBN.

Baca: Naomi Janumala, Model India yang ‘Taklukan’ Hati Rihanna

Mengapa Kalimantan Timur yang dipilih menjadi Ibu Kota baru?

Selain masih hijau dan banyak lahan yang bisa dimanfaatkan, Kalimantan Timur juga punya lima lokasi wisata unggulan yang bisa kamu coba. Apa saja?

Pantai Sekerat

Dok. Pemprov Kalimantan Timur
Dok. Pemprov Kalimantan Timur

Yep, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Kalimantan Timur punya pantai yang tidak kalah kerennya dari provinsi lainnya yaitu pantai sekerat. Terletak di Kecamatan Bengalon—yang dapat ditempuh menggunakan jalur darat dari Kota Sengata—pantai sekerat terkenal karena air lautnya yang jernih, pasirnya yang berwarna putih dan taman lautnya yang memiliki beraneka ragam terumbu karang.

Desa Budaya Pampang

Dok. Pemprov Kalimantan Timur
Dok. Pemprov Kalimantan Timur

Ternyata, Kalimantan Timur memiliki banyak desa budaya yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Desa Budaya Pampang. Terletak sekitar 17 km dari Terminal Lempake, Samarinda Utara, Desa Pampang adalah desa budaya yang merupakan hasil migrasi penduduk Desa Long Lis Apo Kayan Kabupaten Bulungan di tahun 1973. Di desa ini kamu bisa melihat rumah adat Lamin, tari-tarian, perempuan Dayak telinga panjang dan upacara adat.

Museum Mulawarman

Dok. Pemprov Kalimantan Timur
Dok. Pemprov Kalimantan Timur