Sarapan Sehat dan Enak yang Bisa Dimakan Besoknya, Besoknya, dan Besoknya Lagi

Sarapan Sehat dan Enak yang Bisa Dimakan Besoknya, Besoknya, dan Besoknya Lagi
ISTOCK

Mari membuat pagimu lebih tertahankan.

Bangun pagi saja sudah sulit, apalagi menyiapkan sarapan yang enak? Boro-boro, deh. Akhirnya, sarapan yang sama setiap hari: sereal atau bubur ayam atau ketoprak. Atau makanan cepat saji yang dibeli di warung depan rumah yang hanya Tuhan yang tahu apa bahan-bahan di dalamnya.

Saat jam masih menunjukkan pukul 7 atau 8, agak sulit—dan tidak mau—untuk memikirkan sesuatu yang berat. Jadi, adakah cara mendapatkan sarapan tanpa harus menghabiskan waktu—dan memeras otak setiap pagi? Untuk yang baru saja pindah dari Saturnus, di Bumi ini ada yang namanya kulkas dan microwave, dua perkakas elektronik ini bisa menjadi penyelamat kita agar tidak memasukkan "sampah" ke dalam tubuh setiap pagi. Pertama-tama persiapkan menu (atau masak) saat sempat (misalnya akhir pekan), kedua masukkan ke dalam kontainer dan simpan di dalam freezer, dan terakhir keluarkan per porsi setiap kali kamu ingin menyantapnya. Apa saja menu sarapan yang bisa disimpan, lalu dimakan besoknya, besoknya, dan besoknya lagi? Ini beberapa ide. 

1. SPINACH MUSHROOM QUICHE 

Menu ini memang terdengar “berat” untuk sarapan, tapi ternyata tidak sama sekali!  Bahan utamanya sayuran dan telur (sumber protein) yang akan membuat pagimu lebih berenergi. Untuk uji coba, praktekkan resep ini. 

2. SWEET POTATO SAGE PANCAKE 

Pancake adalah salah satu menu andalan sarapan, karena memang membuat adonannya tidak terlalu sulit. Namun, alih-alih mencoba pancake dengan rasa yang sama setiap hari, coba sweet potatoes sage pancake karena rasanya lebih gurih (tidak terlalu manis) dibanding regular pancake dan mengandung banyak nutrisi. Untuk yang ingin mencoba, resep satu ini bisa dijadikan panduan. 

3. MUFFIN

Muffin memang identik dengan rasa manis (keju dan cokelat... hmm... enak banget). Namun, muffin bisa dijadikan menu sarapan pagi, asaaal... kamu mengganti yang bahan yang manis itu dengan sayuran-sayuran (terong, bayam, dsb), misalnya resep muffin satu ini yang tidak hanya dairy free, tapi juga sugar free

4. PIZZA 

Memang terdengar sedikit aneh jika pizza dijadikan menu sarapan. Jangan salah, pizza yang dibuat  sendiri dengan bahan-bahan yang sehat bisa dikonsumsi hingga beberapa hari ke depan. Ada dua cara menjadikan pizza sebagai sarapan: satu memakan pizza yang sudah masak dan hanya menambahkan atau mengurangi toppingnya. Kedua, menyiapkan dasarnya sehari sebelumnya, lalu menyimpannya di dalam kulkas sehingga hanya perlu memanggangnya di pagi hari. Tenang, tidak serumit yang kamu bayangkan (imajinasimu memang terlalu liar); sebagai langkah awal coba ikuti resep ini