Semua Terminologi Kopi yang Harus Kamu Tahu

Semua Terminologi Kopi yang Harus Kamu Tahu
ISTOCK

Akhirnya bisa membedakan capuccino dan latte. 

Seandainya, di dunia ini cuma ada dua istilah: kopi hitam dan capuccino. Mungkin rasanya lebih tenang. Pasalnya, berdiri di depan barista di coffee shop kadang-kadang lebih mengintimidasi dibandingkang menghadapi puluhan komentar pedas di Instagram kita. Dan tak ada satupun istilah bahasa Indonesia terpampang di papan menu mereka! Sang barista memang berusaha dengan keras untuk menjelaskan, tapi bukannya tambah mengerti, malah membuat "huh?" Mocha? Macchiato? Huh? Alhasil, kita jadi bingung menentukan jenis kopi apa yang kita inginkan hari itu.

Tidak perlu khawatir. Setelah baca artikel ini, dijamin kamu akan bisa tahu bahwa saat barista, atau teman segeng membicarakan sesuatu, mereka sedang membicarakan kopi, bukan sekuel terbaru The Godfather.

Affogato

Biasanya kita temui dalam daftar makanan penutup di restoran Italia. Kata affogato berarti “tenggelam” dalam bahasa Italia. Minuman ini terdiri dari satu sendok es krim (biasanya vanilla, tapi dulce de leche juga sering dijadikan pilihan lain) dengan satu sloki espresso disiram dari atas.

Americano

Satu sloki espresso yang dicampur dengan air panas

Café au Lait

Mengandung komposisi perbandingan yang sama antara kopi dan susu, café au lait, atau café con leche, adalah satu sloki espresso yang dicampur dengan susu yang banyak.

Capuccino

Satu sloki espresso yang dilengkapi dengan lapisan lembut foamy steamed milk. Bentuknya lebih mirip busa dibandingkan susu dan secara keseluruhan tidak melebihi 8 ons.

Cold Brew

Cold brew mengacu kepada proses pembuatan kopi dingin. Alih-alih membuatnya panas dan mendinginkannya dengan es, digunakan sebuah teknik yang merendam bubuk kopi di dalam air dingin selama waktu tertentu, paling tidak 12 jam. Setelah direndam, bubuk kopi disaring, dan cairan yang tertinggal menjadi konsentrat kopi. Kemudian dicampur dengan air atau susu dan digunakan untuk membuat es kopi.

Cortado

Satu sloki espresso yang ditambah dengan sedikit susu panas. Porsinya sangat kecil, tidak lebih dari 4 ons.

Espresso

Kopi dengan konsentrat sangat tinggi; dengan tekanan tinggi memaksa sedikit air yang hampir mendidih panas tersaring melalui bubuk kopi yang sangat halus. Secara keseluruhan cairan, satu porsi espresso kurang dari dua ons dan rasa kopinya sangat keras.

Flat White

Espresso dengan steamed milk. Flat white ini ibarat saudara cappuccino, karena pada dasarnya mereka adalah minuman yang sama, tapi satu mengandung busa (cappuccino) dan lainnya (flat white) tidak.

Latte