Sudah Tahun 2018Jadi, Saatnya Meninggalkan Tren Dekor Ini

Sudah Tahun 2018Jadi, Saatnya Meninggalkan Tren Dekor Ini
ISTIMEWA

Dan pindah (mencoba) gaya baru.

Maaf memberikan kabar tidak begitu menyenangkan, tapi seandainya kamu berpikir untuk mendekor rumahmu dengan gaya minimalis... coba dipikirkan ulang. Pasalnya, tren ini sudah melewati masa keemasannya (paling tidak untuk tahun ini). Selain minimalis (itu lho, yang semua tekstur dan material mengandung unsur beige dan terkesan "datar"), ada beberapa gaya pengaturan ruangan yang sepertinya siap dimasukkan ke dalam kotak "sekian dulu, sampai berjumpa lagi". 

  • TREN LAMA: ULTRAVIOLET 

PENGGANTI: PIRUS DAN KUNING

Meskipun ultraviolet menjadi warna tahun ini, bukan berarti tren yang bisa diaplikasikan seutuhnya di dalam rumah. Soalnya, warna ini sangat spesifik dan terang sehingga membuat pemilik rumah akan bosan setengah mati dengan cepat.  Jadi, jika ultraviolet membuatmu sakit kepala, kombinasi dua warna—pirus dan kuning—ini dijamin akan membuat kepalamu segar dan semangat. 

  • TREN LAMA: TRADISIONAL 

PENGGANTI: LANTAI TERBUKA DAN BEBAS

Dulu banget, ruangan tamu orangtuamu biasanya dipenuhi berbagai pernak-pernik berbau tradisional: berwarna coklat, bertekstur kulit gelap dan penuh rumbai-rumbai di setiap sudut, tidak ada ruang kosong. Lupakan. Tinggalkan. Kenanglah gaya dekorasi rumah ini sebagai bagian dari masa lalu. Gantinya: lantai terbuka, karpet, furnitur dan pernak-pernik dalam jumlah terbatas sehingga ruangan terkesan luas dan tidak sesak—jadi, tolong tahan nafsu membeli barang diskon di IKEA.

  • TREN LAMA: HANYA SATU WARNA DAN MINIM GAYA

PENGGANTI: CAMPURAN WARNA DAN GAYA

Putih itu memang warna universal, tapi serius... kamu tidak harus menjadikan ruang tamumu sebagai "white room" atau ruang pengakuan dosa. Coba tambahkan tekstur, material, pencahayaan, cermin, pernak-pernik berbahan metal, pajangan seni, warna-warni lain (dan cerah) untuk menyulap ruangan lebih hidup dan bergaya. 

  • TREN LAMA: DAPUR INDUSTRIAL 

PENGGANTI: MODERN DAN BERSIH

Tidak semua kulkas atau microwave membuat dapurmu cantik—dan penampakan industrial seperti ini sebenarnya sudah ketinggalan jaman. Sekarang adalah tentang memberikan kamuflase terhadap alat-alat elektronik tersebut, alias menyembunyikannya di dalam lemari atau perkakas lain; istilahnya membuat dapurmu terlihat lebih modern dan tidak berantakan. 

  • TREN LAMA: ROSE GOLD

PENGGANTI: AKSEN METALIK