Tampil Cantik dan Sehat dengan Beras Hitam, Ini Manfaatnya!

Tampil Cantik dan Sehat dengan Beras Hitam, Ini Manfaatnya!
Beras Hitam

Selain kaya akan manfaat untuk kesehatan, beras hitam juga punya segudang manfaat untuk kecantikan. Apa saja? Yuk kita cari tahu!

Selain menggunakan skincare dan melakukan perawatan ke dokter kecantikan, menjaga kondisi kulit wajah juga perlu dilakukan dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas diet, dan mengganti konsumsi beras putih menjadi beras hitam.

Beras hitam sendiri sebenarnya adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza Sativa L. Bedanya adalah, bulir beras nggak melalui proses pemutihan sehingga semua sifat alamiah dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Kandungan yang dimiliki beras hitam antara lain adalah serat, asam amino, mineral, dan anti-oksidan. Nutrisi itulah yang membuat beras hitam berguna untuk merawat semua jenis kulit, baik kulit berminya, normal maupun kering.

Cara memasak beras hitam pun mirip dengan beras pada umumnya, yang membedakan adalah teksturnya yang lebih padat dan lengket. Lantas apa saja manfaat yang didapat dari beras hitam?

Manfaat Beras Hitam untuk Kecantikan Wajah:

1. Mengencangkan kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun dan membuat kulit perlahan kehilangan elastisitasnya. Nah selain dikonsumsi, beras hitam bisa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan kantung mata.

2. Mencerahkan kulit

Beras hitam
Beras hitam

Senyawa tirosinase inhibitor dalam beras hitam mampu bekerja menghambat tirosinase, protein yang berperan dalam melagonesis. Melagonesis sendiri adalah proses pembentukan pigmen melanin yang mambuat kulit nampak gelap.

Jadi, semakin tinggi kadar tirosinase inhibitor pada kulit akan membuat melanin yang terbentuk pada kulit semakin sedikit. Kesimpulannya bukan membuat kulit lebih putih, beras hitam mampu membuat kulit nampak lebih bercahaya.

Baca juga: Warna-Warni Beras dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita

3. Menjaga kulit tetap halus

Mengonsumsi beras hitam secara rutin akan membantu menutrisi kulitmu, dengan kandungan vitamin E-nya yang berlimpah. Disamping itu, vitamin E juga dikenal mampu melembapkan dan menjaga elastisitan kulit wajah. 

Vitamin E akan bekerja untuk memperkuat dinding pembuluh kapiler, sehingga kulit nggak mudah kering dan terlihat tetap halus.

4. Mengatasi jerawat dan masalah wajah

Beras hitam
Beras hitam

Senyawa fitonutrien dan antioksidan dalam beras hitam bisa mendukung detoksifikasi tubuh. Kandungan antioksidan pada beras akan mengurangi oksidasi pada tubuh, dan membantu membuang substansi merugikan seperti racun atau toksin.

Saat racun dalam tubuh sudah dikeluarkan, kulit wajah akan terlihat lebih segar dan bersih. Ditambah lagi, detoksifikasi kulit menggunakan beras hitam mampu mencegah timbulnya jerawat, komedo, dan flek hitam.

Baca juga: Ternyata Ampuh, Cara Hilangkan Bekas Jerawat dengan Air Beras

5. Membuat wajah tampak awet muda

Salah satu manfaat beras hitam yang banyak disukai orang adalah mampu bekerja sebagai anti-aging. Yup, kandungan kolagennya yang berlimpah mampu menggantikan produksi kolagen yang menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Selain itu, beras hitam juga memiliki kandungan antosianin yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut mampu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas dan pancaran sinar ultraviolet. Antioksidan akan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, dan membuat wajah terlihat lebih muda.

Nah, itu tadi segudang manfaat beras hitam untuk kecantikan. Bagaimana, berminat mengubah konsumsi harianmu dengan beras hitam ladies?

Selanjutnya: Bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan, berolahraga di rumah menjadi solusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk coba praktikan!

Loading Facebook Comment ...