Jangan Sampai Anakmu Jadi Manja! Kenai 7 Tandanya

Jangan Sampai Anakmu Jadi Manja! Kenai 7 Tandanya
Anak-anak

Salah mendidik anak bisa menjadikan sikapnya buruk hingga dewasa, termasuk membuatnya manja dan penuntut. Kenali tandanya sejak dini!

Sering menemukan anak-anak yang bersikap manja? Jangan asal melabeli, karena ternyata ada beberapa hal yang menandakan seorang anak masuk ke dalam kategori manja dan penuntut.

Anak manja terbiasa mendapatkan apa yang mereka mau tanpa pengecualian. Hal itu bisa saja terjadi karena bentuk didikan sang orang tua kepadanya sejak kecil.

"Anak-anak akan melakukan apa yang kita latih dan ajarkan kepadanya," ucap Laura Markham, founder situs Aha! Parenting, dilansir dari Huffington Post.

Anak ngambek kepada orang tua
Anak ngambek kepada orang tua

Ketika orang tua memanjakan anak-anaknya, niat mereka cenderung baik meskipun kurang tepat. Hal itu dilakukan agar anak-anaknya bisa mendapatkan kehidupan terbaik, yang tidak diperoleh oleh ibu dan ayah mereka.

Baca juga: Anaknya Gores Mobil Mewah, Orang Tua Ini Bayar Ganti Rugi Ratusan Juta

Beberapa orang tua bahkan tidak tega untuk melarang anaknya, karena takut akan melukai perasaan dan merusak rasa percaya diri sang anak. Sebelum semuanya terlambat, mari pahami tanda-tanda anak yang manja.

Tand-tanda anak manja

1. Mengamuk ketika dilarang

Anak kecil mungkin akan mengungkapkan kekecewaan saat orang tuanya melarang sesuatu. Namun, anak yang terbiasa dituruti kemauannya akan bersikap ekstrem saat mendengar larangan.

Jika sikapnya tak kunjung berubah seiring pertumbuhan usia, hal itu bisa menjadi indikasi mereka manja.

2. Tidak puas dengan yang mereka punya

Mendapatkan semua barang-barang yang diinginkan dari orang tuanya, anak yang manja justru tetap akan meminta hal baru meski semua keperluannya sudah terpenuhi.

Baca juga: Warna Kamar Anak Bisa Pengaruhi Karirnya di Masa Depan

Anak laki-laki dan mainannya
Anak laki-laki dan mainannya

3. Mementingkan diri sendiri