Terbangun Tengah Malam? Lakukan 7 Hal ini Agar Tidur Kembali

Terbangun Tengah Malam? Lakukan 7 Hal ini Agar Tidur Kembali
ISTOCK

Dari sekian banyak hal yang membuatmu kesal di dunia ini, salah satunya adalah jika terbangun tengah malam.

Sedang tidur enak, ada saja yang mengakibatkan mata tiba-tiba melek—mimpi buruk, keinginan ke toilet, rasa lapar, sampai ayam yang tiba-tiba berkokok tengah malam. Lebih parah lagi adalah mereka yang dikenal dengan light sleeper—bisa terbangun karena seseorang menghela nafas.

daihatsu banner

Nah, masalahnya kembali tidur itu perjuangan berat, ibarat monster yang harus dibasmi oleh princess charming. Menghitung domba? Sudah dilakukan. Minum susu? Takut, nanti tiba-tiba kantung kemih penuh dan... akhirnya bolak balik ke kamar mandi. Jadi apa yang harus dilakukan? Karena obat tidur bukan jawaban dan paling penting merupakan ranah ahli medis, berikut beberapa strategi sederhana untuk bisa tidur lagi sampai bunyi alarm (yang menyebalkan) menjerit-jerit di pagi hari. 

Hal Yang Dapat Dilakukan Agar Tidur Kembali

1. Jauhkan Ponsel, TV, Tablet!

Intinya teknologi berlayar. Memang sebuah godaan untuk melihat foto-foto, berita, atau apapun di layar ponselmu dengan posisi kepala menempel ke bantal. Enaknya. Namun, cahaya yang terpancar dari benda-benda sumber godaan tersebut bisa mengganggu tidurmu secara langsung. Ohya, menonton atau melihat gambar-gambar orang tidur dari ponsel juga tidak akan membantu, lho. Sangat disarankan untuk menjauhkan teknologi ini dari kamar, bahkan jika perlu gunakan jam alarm versi lama untuk menghindari cahaya pengganggu. 

2. Tinggalkan Kasurmu!

Eh, gimana-gimana? Kok harus meninggalkan kasur? Oke, bukan itu maksudnya, kamu hanya diperintahkan untuk meninggalkan kasur sebentar saja. Pergilah untuk minum segelas air putih atau mengambil buku bacaan, atau hanya sekedar mendengarkan musik. Biasanya, ketiga hal tersebut bisa membantu kamu untuk tidur kembali.

3. Mengubah Kamar Menjadi Lebih Gelap

Insomnia ataupun terbangun di tengah malam, memang tidak pernah enak. Rasanya ingin sekali teriak. Yang harus kamu tahu; ternyata insomnia adalah tanda-tanda stres, dan masalah emosional lainnya. Jika kesulitan tidur, coba buat agar kamar akan menjadi lebih gelap. Kamar dengan pencahayaan yang redup akan membuat tubuh relax.

4. Menuliskan Semua Pikiran yang Mengganggu

Jika kamu terbangun tengah malam, dan otak terasa penuh dengan hal-hal harus dilakukan atau permasalahan lain, menuliskannya akan membebaskan pikiranmu dari kekhawatiran, dan membiarkannya tenang kembali. 

5. Putar Bola Mata

Tutup mata dan perlahan gulung bola mata ke atas beberapa kali. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu memutar mata sampai sudut sekitar 20 derajat, membuat gelombang otak melambat, dan akhirnya rasa kantuk kembali datang. 

6. Tetap diam di Atas Kasur

Usahakan tetap terbaring diam jika terbangun, tubuh menafsirkan gerakan, seperti berguling dan berputar sebagai tanda bahwa sudah waktunya bangun. Kamu bisa merelaksasi otot-otot yang menegang ketika bangun.

7. Gosok Telinga

Aha! Salah satu cara terbaik lainnya adalah merangsang titik akupresur yang sensitif terhadap tidur yang ada di telinga, saran Gillian Berry, ahli akupunktur. Caranya: gunakan jempol dan telunjuk dan gosokkan bagian atas telinga.

Baca Juga : 6 Cara agar Bangun Pagi Lebih Mudah

Shop From Our Partner Cathaofficial.com